Latest News

Kamis, 17 Maret 2016

Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes


Tak bisa dipungkiri lagi kalau manfaat daun sirsak untuk diabetes sudah diakui oleh masyarakat kebanyakan. Bahkan sudah sejak jaman nenek moyang. Mereka memanfaatkan daun sirsak sebagai obat. Khasiat daun sirsak yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam darah atau biasa diderita seseorang yang terkena diabetes. Diabetes atau yang sering dikenal dengan nama kencing manis ini adalah gangguan metabolisme yang disebabkan oleh banyak faktor seperti hiperglikemia kronis dengan simoma dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Diabetes pada saat ini dianggap sebagai salah satu penyakit berat karena risiko terburuknya adalah kematian. Selain disebabkan faktor genetika, diabetes juga dipengaruhi gaya hidup penderitanya. Jaman sekarang sudah terlalu banyak obat-obatan kimia yang memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan utama pembuatan obat. Untuk memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat bagi penderita diabetes mungkin disarankan agar lebih rajin mengonsumsi obat-obatan herbal dan alami ketimbang obat kimia yang mungkin akan berdampak jika terlalu banyak dikonsumsi.

Apa Manfaat daun sirsak untuk diabetes?

Penyakit diabetes memang sangat ditakuti sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama orang-orang yang lanjut usia. Padahal, diabetes tidak hanya menyerang orang yang sudah lanjut usia saja namun usia muda juga bisa berisiko terkena diabetes. Diabetes sangat menguras kocek karena biaya menyembuhannya perlu dana yang tidak sedikit. Jika anda mempunyai masalah diabetes sebaiknya gunakan cara alami yang lebih aman, murah, dan tentunya lebih sehat. Caranya dengan menggunakan daun sirsak. Bagaimana langkahnya? Langkah pertama, ambil sepuluh sampai lima belas daun sirsak dan 3-7 daun sirih merah, cuci bersih, dan daun sirsak direbus dengan campuran daun sirih merah, 2 gelas air kemudian gunakan api kecil dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih dan air hanya berkisar 1 gelas angkat dan tuang ke dalam gelas. Diamkan beberapa menit hingga agak dingin. Kemudian saring air rebusan dan minum sampai habis. Ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin yakni 2 kali sehari.

Diabetes dibagi menjadi beberapa macam, seperti:

1.       Diabetes mellitus tipe 1
Diabetes mellitus tipe ini biasanya terjadi pada anak-anak dan sebagian orang dewasa. Diabetes mellitus tipe 1 merupakan pengurangan rasio insulin di dalam sirkulasi darah akibat hilangnya sel beta penghasil insulin pada pulau-pulau Langerhans pankras.
2.       Diabetes mellitus tipe 2
Diabetes mellitus tipe 2 ini bukan dikarenakan rasio beredar insulin dalam darah tetapi gangguan metabolism yang disebabkan oleh mutasi pada banyak gen. Diabetes mellitus tipe ini dapat diobati dengan latihan, asupan karbohidrat makanan dan pengurangan berat badan.
3.       Diabetes mellitus tipe 3
Diabetes mellitus tipe 3 ini adalah diabetes yang dialami selama masa kehamilan dan akan sembuh setelah melahirkan. GDM dapat merusak kesehatan janin atau sang ibu berkisar antara 20% - 50% dari wanita yang punya GDM bertahan hidup.

Beberapa penyebab diabetes meliputi:

·         Faktor dari usia yang menyebabkan peningkatan risiko diabetes lebih tinggi
·         Berat badan yang berlebih atau obesitas juga mempunyai risiko lebih tinggi terkena diabetes karena lemak berlebih akan menghambat aksi insulin dalam system tubuh.
·         Keturunan, kemungkinan faktor keturunan dapat menjadi penyebab terjadinya diabetes
·         Kurangnya aktivitas fisik, seperti olahraga atau melakukan kegiatan lainnya
·         Stres juga dapat menyebabkan diabetes

Nah, bagi anda yang ingin segera mengatasi masalah diabetesnya bisa segera atasi dengan daun sirsak. Lembaran daun yang semula tidak disangka ternyata mempunyai manfaat luar biasa. Lakukan pembuatan ramuan secara rutin agar bisa menikmati manfaat daun sirsak untuk diabetes secara nyata.



Ingin Bergabung?

Anda bisa bergabung bersama kami dengan mengirimkan informasi dan foto ke email ae.anisa@gmail.com dengan subjek : Kepanjen Kita. NO SARA dan bisa dipertanggungjawabkan oleh pengirim.

Ingin menjadi penulis blog? Bisa hubungi di WA : 085103414877