Merantau, Siapa Takut?



Anisa AE - Udah mau lulus SMA lalu lanjut kuliah di luar kota? Jangan takut untuk merantau dan jadi anak kost. Banyak kabar angin yang bilang kalau jadi anak rantau dan anak kost itu ‘berbahaya’. Jauh dari pengawasan orang tua, dapat kiriman uang yang selalu telat, harus beres-beres semua keperluan hidup sendiri, ngga ada yang ngingetin makan, ngga yang ngerawat pas sakit, apalagi kalau teman satu kamarnya nyebelin. Aduuuh, pusingnya minta tonjok, deh.

Merantau itu asyik, lho. Apalagi kalau merantau sendirian tanpa keluarga. Selain tantangannya kompleks banget, serunya juga lengkap. Nah, buat temen-temen yang mau merantau jadi anak kost. Jangan khawatir. Ini ada beberapa tips yang bisa dicoba biar ngga jadi anak rantau yang ‘berbahaya’ dan salah jalan.

1.      Jaga diri
Terkadang gini, ya. Kabar-kabar yang ngga enak yang kita denger tentang anak rantau yang ngekost kan yang katanya bebas bisa pulang malam, pulang pagi, atau ngga pulang sekalian. Jadi gini, seperti pitutur orang-orang tua, kembali ke kesadaran diri sendiri. Sebejat apapun lingkungan tempat tinggal kita, kalau kita bisa menjaga diri, ya aman. Serusak apapun teman-teman di lingkungan kita, kalau kita bisa menahan diri agar tidak ikut-ikutan rusak, ya aman. Jadi semuanya tergantung diri sendiri. Hidup sendirian di luar kota jauh dari keluarga itu ngga gampang. Apalagi kalau tujuannya kuliah atau mencari nafkah. Ingat ya, ada orang-orang istimewa yag menaruh kepercayaannya di pundak kita. Jadi, jangan sampai hati untuk mengecewakannya.

Baca Selengkapnya 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merantau, Siapa Takut?"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.