Latest News

Kamis, 15 Desember 2016

Pembersihan Kampung Nelayan di Acara HUT Pertamina


Tanggal 10 Desember merupakan hari jadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, yaitu PT Pertamina (Persero). Tanggal 10 Desember 2016 kemarin, diadakan sebuah program sosial yang bertajuk Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Kampung Nelayan serentak di lima lokasi di Indonesia. Pada kesempatan itu, Pertamina memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat, termasuk pada para nelayan yang ada di Cilacap Jawa Tengah.

Dalam kesempatan yang dihadiri oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto ini, beliau mengatakan bahwa perseroan bukan hanya mencari keuntungan, akan tetapi membawa misi untuk mendorong pembangunan nasional. Untuk mewujudkan misi tersebut, maka salah satunya adalah dengan mendorong usaha kecil supaya bisa mandiri dan berkembang, khususnya nelayan, caranya adalah dengan memberikan bantuan perlengkapan yang mereka butuhkan dan beberapa penyuluhan untuk menambah pengetahuan mereka.

Program Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Kampung Nelayan ini diadakan di lima lokasi secara serentak dalam satu waktu yang sama, yakni tanggal 10 Desember 2016. Adapun lokasi-lokasi terpilih tersebut adalah Pantai Kampung Bugis di Tanjung Uban Kepulauan Riau, Pantai Balongan di Jawa Barat, Pantai Mutiara Hijau di Karangsong, Pantai Grand Watu Dodol di  Banyuwangi  Jawa Timur  dan Kampung Atas Air Balikpapan. Untuk di Cilacap sendiri dilakukan di Pantai Teluk Penyu.


Agenda yang dilakukan pada momentum HUT PT Pertamina (Persero) ini adalah bersih-bersih area coastal dari sampah dan limbah rumah tangga, juga ada pemberian bantuan yang dari Pertamina yang berupa beasiswa pendidikan untuk para anak nelayan, pemberian sarana tangkap ikan, ada juga bantuan berupa sarana pembersihan dan pengelolaan sampah, mesin pengolahan rumput laut, bantuan berupa bibit mangrove, perbaikan gedung dan pengembangan infrastruktur jalan, serta perbaikan mushala. Ada juga perbaikan rumah di Kampung Laut sebanyak 20 rumah. Juga renovasi rumah jaga dan renovasi paving block di SD 9.

Dalam kegiatan tersebut, setidaknya sekitar 1.000 orang terlibat aktif di bawah pimpinan Menteri BUMN Rini Soemarno dan didampingi oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto serta jajaran direksi BUMN, yang kebetulan juga berulang tahun pada November dan Desember. Peserta yang datang bukan hanya dari pegawai Pertamina saja, melainkan juga ada dari kalangan masyarakat petani dan nelayan, BUMN dan lapisan masyarakat lainnya.


Sebelum melaksanakan program bersih-bersih pesisir pantai. Menteri BUMN Rini Soemarno juga melepas ribuan peserta jalan sehat dalam rangka HUT ke 59 Pertamina di komplek gedung Patra Graha Pertamina RU IV Cilacap. Rute jalan sehat tersebut meliputi Jl. MT Haryono - Jenderal Sudirman - Boedi Utomo - Lingkar Selatan dan berakhir di pantai Teluk Penyu. Setelah sampai di Teluk Penyu, kegiatan langsung dilanjutkan dengan membersihkan area pesisir supaya bersih dan ekosistemnya terjaga.

Ingin Bergabung?

Anda bisa bergabung bersama kami dengan mengirimkan informasi dan foto ke email ae.anisa@gmail.com dengan subjek : Kepanjen Kita. NO SARA dan bisa dipertanggungjawabkan oleh pengirim.

Ingin menjadi penulis blog? Bisa hubungi di WA : 085103414877