Awas ISBN Palsu!!




Anisa AE - Beberapa hari ini banyak kabar simpang siur tentang ISBN palsu alias ISBN bodong yang digunakan oleh penerbit untuk dimasukkan ke dalam buku. Apa ISBN itu? ISBN adalah kepanjangan dari International Standard Book Number yang merupakan bukti bahwa buku tersebut sudah terdaftar di perpustakaan nasional.

ISBN tidak bisa dipandang mata sebelah saat ini karena banyaknya plagiat buku. Dengan ISBN buku sebagai bukti bahwa buku sudah diakui, akan menguntungkan penulis dan penerbit untuk meminta tanggung jawab jika ada yang plagiat dengan UU hak cipta. Kode ini pun berbeda antara satu buku dengan buku yang lain. So, tidak ada yang kembar.

Entah sejak kapan tiba-tiba saja banyak kabar tentang ISBN palsu. Sebenarnya kabar seperti ini sudah lama ada, namun hanya untuk penerbit tertentu yang memang diragukan. Saat ini malah banyak sekali ISBN palsu, kabarnya sih malah dari penerbit yang sudah banyak mengeluarkan buku dan punya banyak lini penerbit.




Tidak menutup kemungkinan bahwa ISBN palsu juga ada pada novel, antologi, kumpulan cerpen/puisi, bahkan buku yang masuk dalam kategori non fiksi. Atau jangan-jangan buku karya Anda sendiri?



Untuk mengantisipasi hal ini, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengecek langsung ke web perpustakaan nasional  di isbn.perpusnas.go.id. (Baca selengkapnya)

Diberdayakan oleh Blogger.