Blogger Profesional atau Abal-abal?









Anisa AE - Banyak yang bingung mereka termasuk blogger profesional atau abal-abal. Apalagi saya. Sama seperti penulis, ada juga penulis abal-abal ataupun profesional. Lumayan bingung sih dengan maksudnya.

Beberapa mengatakan bahwa julukan tersebut tergantung bagaimana jam terbang kita. Misalnya dilihat dari berapa DA, alexa, PA, sampai pada berapa fee yang ditargetkan per artikel. Wuih, segitu banyaknya ya?

Ada juga blogger yang mengaku profesional dengan tulisan yang masih dibilang alay. Itu karena alexanya sudah 100 ribuan.

Kalau saya? Jujur saja baru aktif ngeblog beberapa bulan. Belum satu tahun ganti domain. Kalau awal ngeblog sudah Desember 2 tahun lalu, 2013. Itu pun dulu banyak sekali tulisan yang masih dibilang tidak berkualitas. Harus banyak belajar dari para blogger senior yang sudah bertahun-tahun.

Baca Juga : 15 Cara Menaikkan Traffic Blog

Kadang ada rasa sedih juga ketika dibandingkan dengan blogger yang usia blognya di atas 5 tahun. Belum lagi tentang tulisan yang lebih banyak opini dan curhatnya. Apalagi penulisnya adalah lulusan universitas A, B, C, dengan banyak titel. Tapi tak apalah. Setidaknya dengan hanya berijazah SMP, saya bisa membagikan ilmu lewat blog. Walau cuma berbagi pengalaman kecil, setidaknya bisa menjadi pengingat untuk diri sendiri.

Eits, tapi perlu diingat bahwa tidak ada blogger abal-abal.
Kalau menurut saya, selama blogger itu mau terus berusaha dan belajar, maka blognya akan berkembang sesuai usia. Tidak mungkin baru lahir, tapi sudah ahli berlari. Ada tahap-tahap tertentu yang harus dilewati.

Baca Juga : Berawal Dari Berbagi Sampai Didatangi Rezeki


Dengan berani membuat satu blog gratisan saja, itu sudah menandakan bahwa kita melek teknologi.  Bayangkan berapa orang yang tidak bisa membuat blog dan harus membayar banyak untuk mempunyai satu blog gratisan. Itu terus berkembang sampai punya blog berbayar dan artikel yang mumpuni. Bisa jadi masuk di halaman pertama google hanya dengan menuliskan judulnya saja. (Baca selengkapnya)

Subscribe to receive free email updates: