Evaluasi Wajib Bagi Blogger






Anisa AE - Beberapa hari ini saya mulai aktif evaluasi blog. Ya, salah satunya karena ingin fokus di dunia blogger, tidak hanya di penerbit dan percetakan buku. Ada apa sih di blog saya? Apa saja yang perlu diubah dan diperbaharui? Kalau untuk belajar, blog tidak ada matinya, selalu ada sesuatu yang baru.

Kemarin juga mengecek beberapa web yang kebetulan saya adalah kontributornya. Sudah maksimalkah pekerjaan saya di web tersebut? Apa tugas saya sudah selesai dengan hanya menulis?

1. Artikel 
Tiap penulis memang mempunyai gaya kepenulisan masing-masing. Hal ini yang menjadi daya tarik blog untuk pengunjungnya. Ada yang betah di web selama berjam-jam karena banyak tips kecantikan ataupun gosip artis terkini. Untuk gaya memang sangat sulit ditiru oleh orang lain. Well, seperti sebuah personal branding gitu deh. Jauhi copas artikel orang lain. Kalaupun menulis dengan tema yang sama, pasti gaya bercerita juga berbeda.

2. Foto
Artikel yang bagus akan tetap kurang ketika fotonya tak menarik. Malah banyak blogger yang saat ini membuat foto semenarik mungkin, karena pandangan audiens akan langsung ke gambar yang lebih besar daripada artikelnya. So, soal foto tidak hanya menjadi pelengkap tulisan saja, tapi sama pentingnya dengan artikel tersebut. Jangan sampai menyomot foto orang lain tanpa memyertakan sumbernya. Sakitnya tuh kalau tiba-tiba foto kita dipakai orang. Kecuali sudah izin atau perjanjian dulu.







3. Vidio/Trailer


Saat ini vidio juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bagi pembaca yang saat ini mulai malas melihat jajaran huruf saja. Dengan melihat vidio/thriller, mereka seperti lebih dimanjakan oleh pemilik blog. Apalagi banyak penulis yang saat ini memasang adsense pada vidio dan ditautkan ke blog. Jadi, semakin banyak keuntungan pemilik blog. (Baca selengkapnya)

Subscribe to receive free email updates: