5 Cara Menaikkan Alexa dalam 20 Hari






Anisa AE - Banyak yang bertanya pada saya bagaimana cara meningkatkan rank alexa, padahal saya sudah menuliskannya tahun lalu di sini. Tapi akhir-akhir ini memang alexa saya meningkat dengan drastis. Bayangkan saja, November kemarin masih 1,2 juta, bulan ini sudah 200 ribuan.

Bahkan awal bulan ini masih 500 ribuan dan naik drastis hanya dalam beberapa hari.

Saya sempat share dengan Ihwan soal alexa ini. Katanya, saat alexa saya berada di 400 ribuan, maka sudah dalam posisi aman. Mungkin aman di sini berarti nanti naik turunnya segitu. Namun saya terkejut ketika rank alexa terus dan terus naik tanpa bisa dibendung. Bahkan saat saya tidak update di blog maupun bewe.


Semakin penasaran, saya pun bertanya pada Mas Febriyan tentang hal ini. Termasuk tetek bengek yang ada di dalam alexa. Seperti bounce, siapa saja pengunjungnya, sampai pada berapa tab yang dibuka oleh satu visitor. Apalagi rata-rata pengunjung perhari hanya 700-1000 view, bukan angka yang fantastis untuk sebuah blog.

Mas Febriyan menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan alexa naik. Salah satunya karena beberapa artikel saya masuk di halaman satu google yang sering diklik dan dicari oleh pengunjung. Berarti secara tidak sadar, saya telah menggunakan SEO. Tidak hanya itu, keaktifan blog saya dan blog lain juga mempengaruhi karena alexa selalu menghitung.

Oke, saya makin bingung. -,-

Sampai akhirnya beberapa teman langsung meminta tahap demi tahap yang saya lakukan, tanpa mengejar rank alexa. Nah, kalau ini, mungkin bisa jadi alasan kenapa alexa saya makin meramping. Akhirnya saya coba mencatat di whiteboard dengan spidol whiteboard tentunya agar bisa menemukan beberapa alasan berikut ini :

1. Blogwalking

Saya selalu menjadwalkan blogwalking tiap pagi setelah bangun tidur (10-15), saat anak sekolah (15-20), dan malam hari (10-15).

Pertama adalah moderasi komentar dan bewe ke semua komentator yang meninggalkan backlink di anisae.com. Ingat, saat meninggalkan komentar, jangan pakai g+, tapi gunakan URL (masukkan nama dan url blog). URL di sini juga bukan home, tapi langsung ke artikel yang ingin saya komentari balik. Biasanya saya acc sekitar 10-20 komentar dan ini yang menjadi prioritas bewe saya.

Kok ribet? Sebenarnya sih tidak. Karena dengan menambahkan URL langsung pada artikel, maka secara tidak langsung, kita sudah mempunyai satu backlink dari blog lain. Bayangkan jika banyak yang klik url tersebut, maka banyak pula yang membaca artikel di blog kita. Selain itu, kamu juga memudahkan saya untuk bewe langsung ke artikelmu. Yang biasanya pakai google, coba diganti.

Kedua adalah melihat blog yang saya ikuti dan mulai bewe ke sana. Untuk ini, saya biasa bewe 15-20 blog. Kadang juga lebih, tergantung mood. Kan ada tuh untuk pengguna blogspot, follow blog. Nah, jika saya mengikuti, maka akan mendapatkan pemberitahuan tiap kali kamu update blog. Nah lho? Menguntungkan sekali bukan? Tapi jangan lupa untuk follow blog saya juga. Hahaha.

Untuk kategori kedua, masuk dalam antrian. Semua pasti saya kunjungi, tapi tergantung berapa artikel yang muncul dalam hari itu. Saya biasanya nunggak sampai 2 hari, itu karena memprioritaskan bewe kategori pertama. Pun yang saya ikuti juga ratusan. Bayangkan kalau semuanya update blog dalam sehari. (Baca Selengkapnya)

Diberdayakan oleh Blogger.