5 Masalah Payudara Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya




Anisa AE - Kebayang gak sih bagaimana saat pertama kali menyusui si kecil? Ini juga yang terjadi pada saya saat menyusui Asma. Ada saja masalah yang timbul dan membuat saya gregetan setengah mati. Pingin marah dan mengeluh, tapi ke siapa? :( Aalagi lima masalah pada payudara saat menyusui bayi.

Untuk antisipasi calon bayi yang mau lahir ini, saya sudah meyiapkan kiat-kiat khusus saat menyusui nanti. Gak mau dong kalau nantinya bermasalah dengan hal yang sama. Nah, barangkali bisa membantu calon ibu di luar sana bagaimana mengatasi masalah pada payudara saat menyusui.






1. Puting nyeri
Ini yang paling saya rasakan saat pertama kali menyusui. Padahal penyebabnya simpel, karena posisi menyusui yang salah. Bayi hanya mengisap puting payudara, bukan sebagian aerola ibu. Hasilnya, dia mendapat sedikit air susu, marah, lantas menggigit puting. Sumpah, sakit banget rasanya.

Cara mengatasinya dengan belajar lebih banyak cara menyusui bayi. Masukkan sebagian aerola payudara ke dalam mulut bayi, jangan putingnya saja. Tempelkan dagu bayi pada payudara, dadanya tempelkan ke dada ibu. Semoga gak digigit lagi.

2. Radang payudara
Pernah mengalami radang payudara? Biasanya jika sudah terinfeksi bakteri staphylococcus aureus, ibu demam dan payudara berwarna kemerahan.

Cara mengatasinya dengan tetap memberikan ASI pada bayi lebih sering. Kalau sulit, bisa diperah dan tetap diberikan pada bayi. Namun bila jaringan payudara rusak sehingga bernanah, langsung ke dokter agar mendapat penanganan dengan baik. (Baca selengkapnya)

Subscribe to receive free email updates: