Cara Mengurus Mutasi dan Balik Nama dari Kota ke Kabupaten Terbaru




Samsat Kota Malang

Anisa AE - 14 Januari 2016 kemarin, saya mengantar adik untuk mutasi dan balik nama sepeda motornya. Ternyata prosesnya lumayan mudah dan murah.

Seminggu sebelumnya, saya diminta membayar 800 ribu untuk perpanjangan BPKB. Itu karena adik saya berada di Bali dan motornya belum atas nama dia sendiri. Katanya sih, itu bisa dilakukan dengan memanipulasi KTP pemilik awal.



Saya pun mikir, duit darimana coba? Kemarin saja saat mengurus balik nama Rebecca, biayanya sekitar 1,3 juta. Itu pajaknya dobel 4 tahun dan langsung balik nama dengan nama saya. Lha ini cuma perpanjangan saja kok 800 ribu?

Merasa ditipu, saya tunggu adik pulang untuk mengurus semuanya sendiri. Apalagi saya juga pernah membuat akta kelahiran sendiri yang ternyata saat ini gratis. Sebenarnya semua akan lebih murah saat mengurus sendiri, sayangnya banyak yang belum tahu caranya.







Sesampainya di kantor Samsat yang berada di Kacuk, kami langsung tanya ke petugas yang ada di sana. Tanya lokasi cek fisik motor, ternyata di sana lumayan ramai dan antri. 

Lalu apa yang kami lakukan?

Cek Fisik
1. Saat adik antri cek fisik, saya mengambil formulir cek fisik di loket. Setelah cek fisik dilakukan, kembali ke loket sebelahnya untuk distampel dengan biaya 20.000

Hasil Cek Fisik
2. Kami menuju ke loket F di dalam SAMSAT dengan keterangan : Surat Keterangan Fiskal. Cukup lama menunggu karena petugasnya tidak ada. Lalu membayar ke loket 3 sebesar 78 ribu. Sepertinya pembayaran ini berbeda-beda pada tiap orang. (Baca selengkapnya)

Diberdayakan oleh Blogger.