Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi yang Mempesona






Danau Gunung Tujuh
Anisa AE - Danau Gunung Tujuh di Jambi ini terletak di Gunung Tujuh. Tepatnya, di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci, Jambi. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam dari Jambi menuju ke Pelompek setelah sebelumnya melewati Kota Sungai Penuh. Secara pandangan geologi, Danau Gunung Tujuh merupakan kaldera, atau danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi.

Danau Gunung Tujuh juga disebut sebagai danau tertinggi se-Asia Tenggara, dengan ketinggian 1.950 mdpl. Seperti namanya, Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang dikelilingi oleh barisan pegunungan berjumlah tujuh buah. Yakni, Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.735 mdpl, , Gunung Madura Besi dengan ketinggian 2.418 mdpl, Gunung Jar Panggang dengan ketinggian 2.469 mdpl, Gunung Hulu Sangir dengan ketinggian 2.330 mdpl, Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2.525 mdpl, Gunung Lumut dengan ketinggian 2.350 mdpl, serta Gunung Selasih yang memiliki ketinggian 2.230 mdpl.


Di Danau Gunung Tujuh ini, menyimpan sebuah mitos. Menurut masyarakat, danau ini termasuk danau keramat. Karena dihuni dan dijaga oleh makhluk gaib yang berbentuk seperti manusia yang bernama Saleh Sri Menanti dan Lbei Sakti. Selain itu, ada juga para pengawal daripada makhluk gaib tersebut yang berbentuk harimau.

Akses ke Danau Gunung Tujuh

Untuk menuju kawasan danau, terdapat 2 jalur yang bisa Anda pilih, yaitu:
Jalur pertama, dari gerbang pos jaga Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki kondisi medan landai, namun jarak tempuh yang akan Anda lalui lebih jauh, memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Jalur kedua, dari belakang wisma Gunung Tujuh, memiliki jalur yang relatif sulit dengan kondisi medan yang terjal dan curam. Namun hanya memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan. (Baca selengkapnya)


Diberdayakan oleh Blogger.