Latest News

Rabu, 28 Maret 2018

Pemberdayaan Masyarakat Adalah Tanggung Jawab Semua Kalangan







Anisa AE - Saat melihat para pengemis di pinggir jalan dan para pengamen di jalanan, tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Lalu, apa yang telah Anda lakukan untuk menanggulangi kemiskinan?

Jika Anda butuh waktu lama untuk menjawabnya, atau bahkan tidak punya jawabannya, jangan salahkan para pengemis dan pengamen yang masih ada di setiap ujung jalan yang Anda lewati. Menanggulangikemiskinan bukan hanya tugas bagi pemerintah, namun diperlukan andil dari setiap lapisan masyarakat.

Baca Juga : Pita Biru untuk Elang

Setiap orang tentu memiliki kemampuan dan sudut pandang yang berbeda. Pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup dipercaya oleh keluarga Sukanto Tanoto sebagai solusi penanggulangan kemiskinan. Tanoto Foundation didirikan oleh Sukanto Tanoto dengan fokus kepada tiga hal tersebut.

Selain memberikan bantuan pendidikan kepada para siswa, mahasiswa, dan guru melalui beasiswa serta program Pelita Pendidikan, Tanoto Foundation juga memberikan pelatihan kepada para masyarakat sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat.

Salah satu contohnya, Tanoto Foundation menggelar beragam pelatihan kepada petani dan ibu rumah tangga. Kepada para petani, Tanoto Foundation memberikan bekal dalam menjalankan sistem pertanian yang baik. Pendampingan terus dilakukan agar produksi meningkat dan pendidikan untuk pemasaran.






Salah satu penerimanya adalah seorang petani sawit asal Pelalawan, Riau, bernama Rusman Efendi. Sebagai tulang punggung kehidupan keluarga, Rusman sangat berharap produksi kelapa sawitnya terus meningkat. Selain itu, ia ingin agar proses pemasaran semakin mudah supaya ekonomi keluarganya kian membaik. Rusman akhirnya bisa merasakan semua itu setelah mendapat pendampingan dan pelatihan dari Tanoto Foundation.

“Dulu saya harus menempuh jarak yang jauh untuk menjual kelapa sawit,. Kadang buah menjadi busuk di tengah jalan. Kini, saya lebih mudah menjual produk saya, dan hasil panen kelapa sawit saya terus meningkat,” kata Rusman.

Taraf hidup semakin membaik seiring dengan kemampuan ekononi yang meningkat. Bukan hanya Rusman yang merasakan manfaatnya. Ibu rumah tangga juga mendapatkan dukungan dari Tanoto Foundation untuk memperbaiki taraf hidupnya, dan tidak hanya menggantungkan pemasukan dari para suami. (Baca selengkapnya)

Ingin Bergabung?

Anda bisa bergabung bersama kami dengan mengirimkan informasi dan foto ke email ae.anisa@gmail.com dengan subjek : Kepanjen Kita. NO SARA dan bisa dipertanggungjawabkan oleh pengirim.

Ingin menjadi penulis blog? Bisa hubungi di WA : 085103414877