Cara Menumbuhkan Kemandirian Anak

Cara menumbuhkan kemandirian anaktergantung pula dari pola asuh orang tua. Kemandirian yang dimaksud yaitu kemampuan positif yang dilakukan oleh anak ketika menghadapi sesuatu dan tantangan yang ada dalam kehidupannya. Baik dalam keadaan yang biasa dialami sehari-hari maupun diluar kebiasaannya.
http://www.nurulfitri.com/2016/04/cara-menumbuhkan-kemandirian-anak.html

Sulitkah menumbuhkan sikap mandiri pada anak? Semua itu tergantung dari kebiasaan anak , pendidikan yang didapat oleh anak dan pengalaman yang secara langsung dialami oleh anak.


Dididik Untuk Mandiri  

Saya jadi teringat ketika mendampingi si bungsu melakukan kegiatan ekstrakuliler renang dari sekolahnya. Waktu itu di tengah-tengah kegiatan latihan, anak saya minta uang kepada saya untuk dibelikan jasuke (baca: jagung susu keju). Saya yang kala itu sedang asyik ngobrol dengan salah satu orang tua teman ade, otomatis menghentikan percakapan. 

Read more

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Cara Menumbuhkan Kemandirian Anak"

  1. wah.... hal yang makin banyak tumbuh di kalangan anak-anak. MANDIRI

    BalasHapus
  2. Kemandirian pada anak sebaiknya memang diajarkan sejak dini, agar anak terbiasa hidup dengan mandiri tanpa selalu bergantung pada orang tua atau yang lain.

    BalasHapus
  3. Benar mba kemandirian anak itu tergantung pola pikir anak itu sendiri dan peran serta orang tua yang wajib mendidik anak tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semua tergantung anak dan ortunya

      Hapus
  4. Alhamdulillah mbak saya didik oleh orang tua saya dengan cara yang tidak keras dan tidak begitu lembut dan kalau menurut saya terbilang dingin saja terhadap anak anaknya namun dengan cara mendidik mereka lah saya tumbuh menjadi anak yang insaallah mandiri.

    BalasHapus
  5. Melatih kemandirian memang semestinya dilakukan anak sejak dini, ya, Mbak. Dari hal-hal sepele semisal mengambil gelas dan air minum sendiri dan lain-lain. Sayangnya, atas dasar kasihan, orang tua justru memanjakan anak sehingga mereka kurang mandiri. Benar bgtu, ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, Pak. Kasihan anaknya nanti kalau sudah besar malah.

      Hapus
  6. Anakku awalnya nggak mandiri mba. Tapi lama2 dilatih mba Annisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. :D Pandai-pandai orang tuanya saja itu Mbak.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.