Jilbab dan Kerudung, 2 Hal yang Berbeda




Ada yang tahu jilbab, kan? Bagaimana dengan kerudung? Pasti tahu dong tentang dua benda itu? Kok dua benda sih? Bukannya jilbab dan kerudung adalah satu barang? Well, pertama kali saya juga terkejut membaca perbedaan jilbab dan kerudung. Lha? Di mana bedanya? Bukan karena tulisan dan pengucapannya yang beda. Barangnya pun juga 100% beda.

Jangan samakan jilbab dengan kerudung. Kerudung adalah penutup rambut, biar rambut para muslimah tidak dilihat oleh non mahram. Karena yang boleh dilihat oleh lelaki hanya wajah dan telapak tangan. Hmm. Segitunya, ya? Well, saya tak membahas tentang ayat-ayat Alquran yang menyuruh untuk memakai jilbab, karena saya tahu bahwa semua wanita muslim tahu bahwa memakai jilbab adalah suatu kewajiban dan sudah tertera jelas di dalam Alquran.

Nah. Jilbab ini beda dengan kerudung yang buat menutup rambut. Jilbab adalah baju longgar seperti lorong dari atas sampai kaki. Bahkan ada riwayat yang menyatakan bahwa jilbab yang menyentuh tanah najis, maka tanah berikutnya yang menyucikan. Wow, seperti itukah jilbab? Dari uraian di atas, pasti tahu kalau jilbab adalah baju yang biasa kita sebut dengan gamis atau jubah. Jangan bayangkan gamis yang berkerut-kerut di perut atau gamis yang disekeng. Jilbab ini benar-benar seperti lorong dan tidak ada belokannya. Tahu lorong, kan?

Baca Selengkapnya

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jilbab dan Kerudung, 2 Hal yang Berbeda"

  1. Iya mbak betul saya juga menyangka awalnya jilbab dan kerudung itu sama eh ternyata beda lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.