8 Cara Mendapatkan Job Review





Anisa AE - Saat ini banyak sekali yang menjadikan blogger sebagai sumber penghasilan. Tak jarang banyak blogger yang 'ngotot' untuk menjadikan blognya sebagai ladang uang. Sayangnya banyak yang menganggap itu mudah, padahal kenyataannya tidak semudah yang dikatakan orang. Apalagi oleh blogger yang sudah punya jam terbang tinggi.

Beberapa minggu terakhir banyak email yang menanyakan bagaimana cara melamar job review untuk blogger. Saya pun mengatakan akan mengulas di blog ini karena tak mungkin membalas semua email satu per satu dengan jawaban yang sama. Apalagi saya termasuk orang yang jarang membuka email.


1. Jangan Pikirkan Uang

Lah? Mau dapat job review kok gak boleh mikir uang? Eh? Kenapa, ya?

Saat memikirkan uang, maka otak akan terus menerus mencari cara untuk mendapatkan job review. Bisa-bisa stres kalau job tak kunjung datang padahal berbagai cara sudah dilakukan.

Yakin sudah melakukan berbagai cara?

2. Tulis Dengan Hati dan Happy
Saat sudah melupakan uang, maka kita akan menulis dengan hati dan happy. Menulis tidak semata-mata karena uang bisa membuat hati tenang. Tidak ada 'beban' khusus untuk mempromosikan suatu produk. Tulisan juga terasa bernyawa karena kita menulis dengan santai. Pasti lolos copyscape dan akan ada label khusus dalam tulisan kita. Terasa khas, tanpa meniru blogger atau tulisan penulis lain. Jangan pernah merasa menjadi blogger abal-abal.



3. Jangan Perhitungan
Ini adalah tips yang sering digunakan oleh para blogger yang kebanjiran job. Misalnya saat ingin makan gratis di restoran dengan melamar job review. Gak mungkin kalau blog kita kosong melompong, tanpa isi tentang review kuliner.

Sebenarnya tanpa modal banyak karena kita sering sekali melakukan banyak kegiatan yang kelihatan sepele. Misalnya saja saat diajak pasangan makan di luar atau jalan-jalan ke tempat khusus. Itu bisa ditulis lho. Jangan malas menulis dengan anggapan mempromosikan tempat itu secara gratis. Enak di pemilik dan gak enak di kita.

Siapa bilang?

Kita juga enak kok. Apalagi jika mengatakan kepada pemilik bahwa akan direview,  maka secara otomatis akan mendapatkan pelayanan plus. Menambah artikel di blog agar selalu update juga. Jangan menghitung untung rugi saat menjadi blogger baru. Anggap amal deh. Allah juga yang bakal balas. Artikel seperti ini yang nantinya bisa dimasukkan dalam portofolio blog.

Jangan bilang mau melamar job review restoran, tapi blognya tidak ada tulisan tentang makanan ataupun restoran lain. Begitu juga saat melamar job review situs belanja online maupun hotel.







4. Gabung Komunitas
Penting dan wajib nih karena banyak brand yang lebih suka kerjasama dengan komunitas. Dengan bergabung di komunitas, kita juga bisa mengetahui update job review terbaru. Tidak hanya itu, bisa tanya berapa harusnya fee yang didapatkan dari suatu brand dan sharing  seluk beluk blogger.





5. Optimasi Blog
Saat ini banyak brand yang memperhatikan rank sebuah blog. Kebanyakan memilih yang DA dan PA di atas 15, berdomain sendiri, dan rank alexa ramping. Tapi bisa juga kok yang domain gratisan, asalkan cocok dengan brand tersebut. (Baca selengkapnya)

Subscribe to receive free email updates: