Broken Link, Penyebab dan Cara Menghapusnya



Anisa AE - Tadi di grup WA ada yang lagi bersih-bersih broken link jumlahnya ratusan. Nah lho?Saya sebagai blogger yang masih belajar, tidak mau ketinggalan juga dong. Apalagi ini termasuk bagaimana agar google bisa mengindeks blog kita dengan baik. Langsung saja saya cuss mencari tahu apa itu broken link dan cara menghapusnya.

Setelah Asma tidur siang, saya langsung ambil kacamata, menyalakan router M2Y Smartfren, laptop, dan siap bertempur. Perkiraan saya sih belajar seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah mencari dan membaca, ternyata otak saya yang cukup lemot ini (maklum, cuma lulusan SMP), makin bingung. :( Duh sedihnya. Perlu satu jam untuk memahami dan mempraktikkan tiap tutorial yang saya dapatkan. Apalagi ketika mengecek, lama nian uyyy.

Namun, akhirnya BERHASIL!

Jadi, buat beberapa teman yang komentar di sini, tapi hilang, mohon maaf. Mungkin itu karena link yang ditautkan masuk dalam kategori broken link yang harus saya hapus. Maafkan, ya? :(

Kok dari tadi ngomongin broken link mulu? Broken link sendiri apa? Broken link adalah link rusak yang tidak bisa dikunjungi maupun dicari di google.Biasanya sih tampilannya page error 404 atau yang lainnya.

Apa sih penyebab broken link tersebut?

1. Domain Hilang
Nah lho? Maksudnya itu domain sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Domain itu tidak diperpanjang. Alhasil, gak ada di pencarian. Misalnya saja saat perpanjangan domain anisae,com trus tidak saya perpanjang. Maka, semua blog yang pernah saya komentari menggunakan link blog ini akan mempunyai broken link.


2. Salah Penulisan Link
Biasanya karena terburu-buru menulis artikel atau blogwalking, maka blogger menulis URL dengan cepat. Link yang ditulis bisa saja kurang satu huruf. Gak dapat backlink, malah nyepam di blog teman. :(


3. Postingan Dihapus
Maksudnya, artikel dari penulis yang meninggalkan link tersebut sudah dihapus. Artinya, di dalam link tersebut tidak ada tulisan sama sekali. Ini terjadi pada banyak blogger yang salah satunya adalah republiknindy. Maaf, ya? Komentar yang terdeteksi broken saya hapus. :)


4. Profil Blogger Hilang

Jika yang komentar tidak menggunakan URL, bisa jadi akun google. Lalu akun tersebut hilang atau dihapus, maka ini juga akan menjadi broken link. Sengaja atau tidak, google juga gak bakal mau tahu. Kan sayang banget jadi broken link di blog orang. :(


5. Ganti Domain
Kok bisa ganti domain aja menjadi broken link? Bukankah seharusnya mengacu ke blog yang berdomain karena sudah dialihkan ke sana? Bisa juga ini terjadi karena mesin pencarian mengartikan link tersebut secara berbeda.

Nah, sudah tahu kan kenapa bisa terjadi broken link? Sekarang bagaimana cara mengetahui broken link dalam blog? Kalau sudah tahu, bagaimana menghapusnya? (Baca selengkapnya)




Subscribe to receive free email updates: