5 Keuntungan Mengikuti Asuransi




Minat masyarakat terhadap asuransi masih sangat rendah. Padahal dengan mengikuti asuransi banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan. Mungkin jangkanya tidak dalam waktu dekat melainkan dalam jangka waktu panjang. Selama ini yang paling banyak digunakan masyarakat adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Hal yang menyebabkan banyak masyarakat yang tidak tertarik terhadap asuransi ialah ketidaklengkapan informasi yang didapat mengenai lembaga ini untuk meningkatkan kualitas hidup di masa yang akan datang. 

Mungkin banyak orang yang berfikir dengan mengikuti asuransi hanya sia-sia saja dan menghabiskan uang. Anggapan tersebut salah, kenapa salah? Kita tidak akan tahu bagaimana keadaan kita di masa depan, apakah tetap masih sehat saja atau malah sakit parah. Sudah pasti semua orang tidak menginginkan sakit parah. Tapi di masa depan siapa yang bisa menjamin. Dengan mengikuti asuransi, saat kita sedang terkena musibah atau sakit maka uang asuransi akan sangat berguna untuk pengobatan.

Kita tidak akan tahu gimana kondisi finansial kita di masa yang akan datang. Namun dengan mengikuti asuransi, kita tidak lagi perlu memikirkannya. Istilah asuransi itu sendiri adalah tindakan atau bisnis di mana adanya perlindungan finansial atau ganti rugi untuk jiwa, properti, kesehatan maupun yang lainnya atas kejadian yang tidak terduga seperti kerusakan, kehilangan, maupun kematian. Berikut ini 5 keuntungan asuransi yang perlu kita tahu : 

1. Memberikan rasa aman 
Jaminan yang diberikan asuransi sudah pasti akan memberikan rasa aman pada orang yang mengikutinya. Dengan mengikuti asuransi, akan mengurangi rasa kekhawatiran kita tentang resiko-resiko yang akan terjadi, karena segala resiko tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi. Kita juga tidak akan pernah tahu kejadian apa yang akan dilalui besok yang kemungkinan kejadian-kejadian tersebut mengeluarkan biaya yang tidak terduga. Namun kita tidak perlu khawatir, dengan mengikuti asuransi pihak penyedia asuransi akan meringankan pengeluaran yang tidak terduga tersebut. Ganti rugi yang akan diberikan oleh pihak asuransi akan mengkover sebagian hingga keseluruhan pembayaran biaya atas kejadian. 

Seperti contohnya kita mengikuti asuransi kendaraan, maka saat kita mengalami suatu musibah seperti kecelakaan dan kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit bahkan bisa dikatakan kita tidak sanggup membayarnya maka pihak asuransi akan membantu kita dengan membayar sebagian bahkan sampai keseluruhan dari biaya atas kejadian tersebut. Memang kita tidak mengharapkan suatu musibah kecelakaan hanya untuk mendapatkan asuransi tapi, siapa yang akan menjamin kita tidak akan mengalami apa-apa. Nah, dengan mengikuti asuransi kita tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan biaya atas resiko-resiko yang akan terjadi di masa yang akan datang.



 2. Keuangan jangka panjang untuk anak-anak kita 
Setiap makluk yang bernyawa pasti meninggal. Kita juga tidak akan tahu kapan kita meninggal. Sedangkan anak-anak kita butuh sekali biaya untuk sekolah maupun yang lainnya. Nah, saat kita meninggal apa yang akan kita berikan kepada anak-anak kita? Bagaimana biaya hidup mereka? Banyak anak-anak yang hidupnya tidak terjamin dan akhirnya tidak terawat karena orang tua nya sudah meninggal. Dengan mengikuti asuransi, kita tidak perlu khawatir lagi. Kita bisa menarik uang untuk diwariskan kepada anak-anak kita. Nah, asuransi jenis ini dinamakan asuransi jiwa untuk orang tua. Terkadang kita juga sering melakukan investasi pada perusahaan tertentu tapi malah kita ditipu. Terus uang untuk biaya masa depan anak-anak kita bagaimana? 



 3. Pendidikan anak terjamin 
Kita tidak akan tahu sampai kapan kondisi finansial kita akan baik-baik saja. Terus gimana pendidikan anak kita? Zaman sekarang pendidikan adalah hal yang sangat penting. Dengan mengikuti asuransi kita telah mempersiapkan segala resiko atas kejadian yang akan terjadi. Kita juga tidak akan terlalu berat membayar biaya sekolah selanjutnya. Untuk sekarang saja masuk PAUD sudah mengeluarkan biaya yang cukup banyak bagaimana saat akan masuk perguruan tinggi yang pasti biayanya mahal. Namun, kita tidak perlu khawatir jika anak kita berprestasi sehingga akan mendapatkan beasiswa, tapi jika tidak bagaimana? Kemampuan anak juga berbeda-beda kita tidak bisa memaksa dia supaya jadi anak yang paling pintar kan. Untuk itu dengan mengikuti asuransi kita tidak perlu cemas mengenai biaya pendidikan anak selanjutanya di masa depan. 



 4. Investasi masa depan 
Kita sebagai manusia memang harus memikirkan masa depan untuk menghindari segala kejadian atau resiko. Asuransi juga bisa menjadi investasi masa depan kita. Pastikan kita memilih asuransi yang aman dan terpecaya agar kita tidak tertipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan mengikuti asuransi kita akan lebih mudah mendapatkan investasi di masa depan. Mungkin untuk saat ini belum bermanfaat tapi di masa depan? Mungkin ada segelintir orang yang tidak menganggap penting segala resiko maupun peristiwa dimasa depan. Tapi zaman sekarang sudah berubah, barang-barang sudah mahal gimana di masa depan? Nah, pada saat itulah asuransi bisa sangat bermanfaat. 



 5. Meminimalkan kerugian 
Fungsi asuransi secara umum ialah membantu para pemegang polis meminimalkan kerugian yang tidak terduga seperti biaya kecelakaan, biaya rumah sakit, biaya akibat kebakaran dan masih banyak lagi. Salah satu asuransi yaitu asuransi kesehatan. Nah, jika kita mengidap suatu penyakit sedangkan tidak punya biaya, maka kita dapat memanfaatkan asuransi yang telah kita miliki untuk meringankan biaya rumah sakit.

Ada beberapa orang yang lebih memilih meninvestasikan uangnya berupa benda yang berharga. Nah jika saat itu benda tersebut telah kita jual untuk biaya berobat kita yang makin lama makin mahal, terus selanjutnya kita akan bayar menggunakan apa lagi? Pada saat itulah asuransi sangatlah bermanfaat. Asuransi akan membantu sebagian biaya maupun keseluruhan sehingga kita tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya pengobatan yang akan semakin mahal.



Gimana? Itu 5 keuntungan dari mengikuti asuransi. Kita tidak hanya memikirkan kebutuhan kita saat ini saja, tapi juga harus memikirkan kebutuhan yang akan datang. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, tapi dengan mengikuti asuransi kita tidak perlu cemas ataupun khawatir mengenai segala kemungkinan yang terjadi diwaktu yang akan datang. Jadi demi menjaga segala resiko, mempersiapkan asuransi merupakan hal yang paling tepat.

Subscribe to receive free email updates: