Waktu yang Baik Untuk Zakat, infaq dan Shodaqoh




Nah, sekarang sudah tanggal berapa nih? Kurang berapa hari nih mau lebaran? Sudah membeli baju baru, sandal baru, tas baru apa belum nih? (banyak banget yah :D) Nah, yang terpenting bukan membeli sesuatu yang baru, karena yang paling penting adalah sudah mengeluarkan zakat apa belum nih? Kalau belum mengeluarkan zakat hayuk buruan mengeluarkan zakat jangan sampai tidak mengerjakan salah satu kewajiban ini ya.

Baca juga : Tunjangan Hari Raya Impian Para Karyawan

Zakat juga merupakan salah satu rukun islam yang wajib kita laksanakan. Zakat yang harus dikeluarkan ketika 1 tahu sekali dan ada di bulan Ramadan dinamakan zakat fitrah. Untuk batas mengeluarkan zakat ini sendiri mulai awal bulan Ramadan hingga sebelum salat hari raya idul fitri. Nah, aklau kamu mengeluarkan zakat fitrah saat sesudah salat idul fitri. Hal ini tidak bisa disebut dengan zakat fitrah. Namun, hanya akan disebut sedekah biasa. Maka dari itu jangan sampai lupa ya :).




Baca juga : Macam-macam Baju Tunik Untuk Lebaran

Nah, selain zakat adala lagi nih yang mempunyai arti mengeluarkan sedikit harta atau sesuatu yang kita miliki yaitu dinamakan dengan infaq. Infaq sendiri dijadikan menjadi 2 yaitu wajib dan tidak wajib. Untuk yang wajib itu seperti mengeluarkan zakat, nazar dan lainnya. Nah, untuk yang tidak wajib ini bisa merupakan harta yang bisa digunakan untuk membantu saudara yang terkena musibah, untuk membantu fakir miskin dan masih banyak lagi.


Baca juga : Berburu Takjil Sekaligus Berfoto Sama Cosplay AK

Sama halnya dengan infaq ada satu lagi nih yang nggak bisa dipisahkan dari zakat dan juga infaq yaitu shodaqoh. Namun, shodaqoh sediri lebih luas dari zakat dan infaq. Karena shodaqoh bisa diberikan kepada siapa saja dan juga tidak mengenal waktu dan juga batasan. Jadi, kamu bisa memberikan apapun itu untuk siapaun itu.

Eits, tapi kalau mau memberikan barang usahakan barang yang berguna ya. Apapun yang kamu lakukan dalam hal kebaikan itu bisa dibilang shodaqoh. Bahkan banyak yang bilang bahwa senyum juga merupakan sebuah shodaqoh. Kalau baegitu kamu sudah senyum berapa kali hari ini? Terlebih lagi sekarang bulan Ramadan nih. Yang mana setiap kebaikan yang kita lakukan akan dilipat gandakan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu yang Baik Untuk Zakat, infaq dan Shodaqoh"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.