3 Faktor yang mempengaruhi tinggi badan

 


Tinggi badan sering menjadi perhatian utama sebagian orang. Semua orang menginginkan tubuh yang ideal, salah satunya tinggi badan. Tinggi badan biasanya akan tumbuh dengan pesat ketika masa remaja dan berhenti pada waktunya. Namun, kenapa banyak orang yang pertumbuhannya tidak ideal. Tinggi badan juga mempengaruhi rasa percaya diri. Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kulit agar Tetap Halus

Apa saja faktor yang mempengaruhi tinggi badan?

1.       Faktor genetik

Faktor yang pertama mempengaruhi tinggi badan adalah faktor genetik yang diturunkan kepada anak dari orangtua. Faktor ini merupakan faktor dasar penentu tinggi badan seseorang. Jadi, jika ayah dan ibu pada anak itu tinggi tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi pada anak akan mengalami pertumbuhan badan yang tinggi.

2.       Faktor pendukung



Faktor pendukung juga bisa memengaruhi pertumbuhan anak salah satunya adalah nutrisi. Nutrisi yang orangtua berikan pada anak sangat berpengaruh untuk pertumbuhan anak. Jaga nutrisi anak seperti memberikan mengonsumsi kalsium, protein, dan berolahraga secara teratur. Untuk menunjang pertumbuhan tulang, setiap orang membutuhkan kalsium, fosfor, dan vitamin D.  Saat memasuki pertumbuhan kalian harus memeperhatikan kebutuhan nutrisi yang seimbang. Istirahat juga menjadi faktor pendukung pertumbuhan tinggi badan, istirahat yang cukup pastikan dalam sehari minimal tidur adalah 8 jam.

Baca juga: Mengikat rambut terlalu sering berbahaya bagi kesehatan, loh!

3.       Aktivitas



Aktivitas juga memengaruhi pertumbuhan tinggi badan seperti olahraga, olahraga yang digunakan untuk pertumbuhan tinggi badan adalah renang, jogging, lari, basket, badminton, dan masih banyak lagi. Olahraga ini akan membantu meregangkan otot kaki dan tulang belakang, sehingga tingggi badan akan terbentuk. Olahraga yang menghambat tinggi badan adalah olahraga yang menahan berat berlebihan. Aktivitas lainnya seperti membawa barang terlalu berat juga memengaruhi tinggi badan seperti pada saat pergi  sekolah  membawa tas yang berat. Hal ini yang akan menghambat pertumbuhan badan.

Baca juga: Rambut Sehat Terawat tanpa Masalah

Nah, itu tadi faktor yang bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan setiap orang. Untuk mnegptimalkan pertumbuhan tinggi badan kalian harus hidari faktor yang bisa menghambat pertumbuhan, lakukan aktivitas yang benar, dan cukupi kebutuhan tubuh dengan nutrisi yang cukup.

Sumber gambar: Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Faktor yang mempengaruhi tinggi badan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.