3 Makanan Wajib untuk Penderita Anemia

 

Anemia adalah salah satu gangguan kesehatan di mana tubuh kekurangan sel darah merah, gampangnya sering disebut penyakit kurang darah. Anemia bisa disebabkan karena hancurnya sel darah merah, kehilangan banyak darah dan produksi sel darah merah yang kurang. Kalau anemia menyerang kita akan merasa sakit kepala dan mata berkunang-kunang, apapun yang kita lihat jadi berputar-putar dan akhirnya kita jatuh sendiri. Hayo siapa yang pernah mengalami? Pasti nggak enak ya hehe.

Ternyata gejala anemia nggak cuma kekepala yang keliyengan aja loh. Banyak gejala lain yang mungkin jarang kita sadari. Misalnya cepat lelah, badan lemes, sering ngantuk, tangan dan kaki dingin, dada terasa nyeri dan gejala-gejala kecil lainnya. Kalau dibiarkan gejala ini pastinya mengganggu aktivitas kita kan. Nah gimana sih cara mengatasi anemia? Selain mengonsumsi obat, anemia juga bisa kita atasi dengan mwngonsumsi makanan-makanan tertentu. Apa saja jenis makanannya? Yuk kita simak.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat 

1. Makanan yang kaya zat besi

Salah satu faktor yang menyebabkan anemia adalah kurangnya zat besi dalam tubuh kita. Kalau disebabkan oleh kurangnya zat besi kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging sapi, bayam, kangkung, kuning telur dan kacang-kacangan. Beberapa jenis makanan itu dipercaya mampu mengatasi anemia.

Baca juga: 5 Makanan Penambah Berat Badan

2. Makanan yang mengandung vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan untuk membantu meningkatkan fungsi sumsum biar bisa lebih banyak memproduksi sel darah merah. Vitamin B12 bisa kita temukan di dalam beberapa makanan seperti daging sapi, ikan, telur dan susu. Kalian bisa minum susu secara rutin sebagai alternatif paling gampang untuk mendapatkan vitamin B12.

Baca juga: Tips Diet Sehat dan Alami

3. Makanan yang mengandung vitamin B6

Vitamin B6 juga bisa membantu untuk membentuk sel darah merah. Kebutuhan vitamin B6 bagi wanita dan pria pun berbeda, dalam 1 hari wanita membutuhkan vitamin B6 sebanyak 1,5 mg sedangkan pria membutuhkan sebanyak 1,7 mg. Vitamin B6 bisa kita dapatkan dari makanan seperti nasi, daging ayam, sapi atau kambing dan juga terdapat pada gandum. Jangan lupa makan nasi ya, jangan ngemil aja hehe.

Itulah 3 jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi anemia. Mudah sekali kan carinya. Yuk jaga kesehatan hari hal-hal yang kecil. Jangan lupa share pengalaman di kolom komentar ya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Makanan Wajib untuk Penderita Anemia"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.