3 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

 

Siapa yang nggak pengen punya kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) yang baik? Memasah IQ bisa kita laukan dengan mempelajari materi, perbanyak membaca dan berpikir kritis. Sedangkan EQ bisa kita asah dengan cara mengurangi emosi negatif dalam diri, belajar tetap tenang dalam menghadapi situasi, dan bersikap proaktif terhadap pemicu emosi. Punya IQ dan EQ yang seimbang adalah impian banyak orang. Nah selain IQ dan EQ, yang nggak kalah penting adalah kecerdasan spiritual (SQ). Apa itu sebenarnya SQ?

Baca juga: 3 Kecerdasan yang Wajib Dimiliki Manusia

Kecerdasan spiritual adalah pusat dari dua kecerdasan yang saya sebut sebelumnya tadi. Kecerdasan spiritual ini yang nantinya bakal mengarahkan dua kecerdasan lainnya. Kalau kecerdasan spiritual kita bagus, maka kecerdasan intelektual dan emosional kita juga bakal bagus. Begitupun sebaliknya. Nah gimana sih caranya biar kecerdaan spiritual kita bisa bagus? Sebenarnya bisa dilatih kok, mulai dari cara sederhana sampai yang besar. Berikut ini cara sederhana untuk meningkatkan kecerdasan spiritual.

1. Mengikuti Bakti Sosial

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah ikut kegiatan-kegiatan sosial seperti bakti sosial di panti asuhan, menjadi relawan, dan sebagainya. Dengan demikian kita bisa lebih mengerti tentang makna hidup dan arti berbagi terhadap sesama. Selain itu, mengikuti kerja bakti membersihkan lingkungan juga bisa dilakukan sebagai upaya mengasah kecerdasan spiritual, karena dengan mengikuti kegiatan seperti itu kita dilatih untuk bersikap peduli.

2. Bersikap Terbuka Terhadap Perubahan

Perubahan adalah hal yang selalu terjadi. Siapapun nggak akan pernah bisa lari dari perubahan yang terjadi dalam hidup, baik perubahan yang besar maupun kecil. Cobalah untuk bersikap terbuka dan menerima perubahan yang terjadi. Meskipun menerima perubahan, tapi jangan lupa disaring juga ya mana perubahan yang baik dan mana perubahan yang buruk.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional

3. Selalu Berbuat Kebaikan

Berbuatlah kebaikan meskipun itu sangat kecil, tidak ada kebaikan yang sia-sia. Latihlah diri untuk bersikap peduli dan konsisten berbuat baik. Meskipun kelihatannya kecil tapi bisa jadi itu sangat berartibuat orang yang menerima kebaikan kita. Dengan berbuat baik, kita sama saja berbagi kebahagiaan pada orang lain.

Baca juga: Tips Membangun Rasa Percaya Diri

Nah itu tadi 3 langkah sederhana untuk meningkatkan kecerdasan spiritual. Jangan lupa dipraktikkan ya. Yuk belajar cerdas dari diri sendiri...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.