Tips Menyenangkan Belajar di Rumah Saja

 

Sejak penghujung tahun 2019, dunia dihebohkan sama kehadiran tamu tak diharapkan yang sangat meresahkan yaitu virus Covid-19 atau Corona. Di trimester pertama tahun 2020, virus ini mulai masuk ke Indonesia dan mengubah banyak hal yang ada. Hampir semua kegiatan di luar rumah terutama yang melibatkan banyak orang atau membentuk kerumunan dilarang. Tempat-tempat umum pun banyak yang ditutup, mulai dari tempat perbelanjaan, perkantoran, tempat-tempat pendidikan, sampai tempat ibadah juga ditutup sementara.

Baca juga: 9 Cara Belajar Pintar

Gara-gara pandemi inilah akhirnya sekolah diliburkan. Awal-awal diliburkan memang sukses buat anak-anak bahagia tak terkira sih, tapi lama kelamaan akhirnya pada bosan semua. Apalagi pandemi ini bertahan sampai sekarang ini. Nah selain berdoa dan menerapkan protokol kesehatan, kita juga perlu trik yang bisa buat anak-anak nggak bosen di rumah nih terutama dalam proses pembelajaran. Nah tips apa aja yang bisa bikin anak-anak betah di rumah? Yuk kita simak tipsnya.

1. Belajar Sambil Bermain

Bermain adalah salah satu hal yang paling disukai anak-anak. Buat sedikit mengelabui, kita bisa mengemas pembelajaran mereka ke dalam permainan. Misalnya belajar Matematika lewat permainan jual beli atau pasaran. Dengan begitu anak-anak akan bermain sekaligus belajar operasi penghitungan saat membeli ataupun menjual sesuatu. Cara lain misalnya mengajarkan pelajaran agama dan pendidikan moral ke anak lewat permainan rumah-rumahan, cara ini juga bisa dicoba.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

2. Belajar di Alam

Alam menyimpan banyak sekali keindahan yang bisa memanjakan mata, hati, dan pikiran kita. Selain itu alam juga menyediakan banyak hal buat dipelajari oleh manusia. Menggunakan alam sekitar buat sarana belajar itu juga pilihan yang tepat lho, terutama buat belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Selain karena materinya berhubungan langsung, belajar di alam juga memberikan rasa nyaman tersendiri.

3. Buat Ruang Belajar yang Nyaman

Setiap orang tentu punya definisi nyaman yang berbeda-beda, ini berlaku juga saat seseorang berada dalam suatu ruangan. Ruangan yang nyaman bisa membuat fikiran kita terasa rileks, sehingga bisa lancar melakukan aktivitas. Nah kalau anak-anak mulai bosan dengan suasana belajar di rumah, coba deh buat desain ruang belajar yang nyaman menurut mereka. Dengan begitu, anak-anak akan lebih betah berada di dalamnya.

Baca juga: Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Nah itulah tips menyenangkan belajar di rumah terutama buat anak-anak. Tetap jaga kesehatan dan kualitas belajar di tengah pandemi ya. Selamat mencoba dan jangan lupa share pengalaman kalian di kolom komentar..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menyenangkan Belajar di Rumah Saja"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.