Tips Mengatasi Nyeri Pinggang saat Haid

Salah satu tanda kesehatan dan kesuburan pada wanita ditandai dengan datangnya haid atau menstruasi. Haid merupakan siklus rutinan yang dialami oleh wanita normal setiap bulan. Siklus haid juga menandakan bahwa organ reproduksi wanita sudah bisa berfungsi dan memungkinkan kehamilan apabila terjadi pembuahan. Normalnya, haid mulai dialami oleh wanita sekitar usia 11-14 tahun.

Saat haid, biasanya wanita akan mengalami beberapa masalah fisik seperti sakit perut, nyeri pinggang, mual, nafsu makan nggak stabil, dan beberapa masalah lainnya. Dari beberpa keluhan itu, yang paling sering terjadi adalah sakit perut dan nyeri punggung. Nyeri pinggang saat haid disebabkan oleh rahim yang berkontraksi. Level nyerinya pun beragam mulai dari yang ringan sampai berat, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Penyebab Sariawan Paling Umum dan Cara Mencegahnya

Sebagian orang memilih mengatasinya dengan minum obat atau jamu pereda nyeri. Boleh saja, tapi tetap harus diperhatikan biar nggak sampai menimbulkan efek negatif, ya. Kalau mau minum jamu, usahakan memilih jamu herbal yang khasiatnya sudah terpercaya. Selain minum obat atau jamu, ada beberapa cara untuk membantu meringankan nyeri pinggang yang kalian alami. Caranya juga sederhana banget dan bisa dipraktikkan langsung di rumah.

1. Istirahat yang cukup

Saat mengalami sakit pinggang karena haid, kalian perlu beristirahat dengan cukup. Kalian bisa tidur dengan posisi telentang, menyamping, dan telungkup. Jangan lupa memilih bantal yang sesuai dengan posisi tidur kalian.


2. Olah raga secara teratur

Olah raga yang dilakukan secara teratur bisa mencegah terjadinya nyeri pinggang. Namun, harus diperhatikan juga jenis olah raga yang boleh dilakukan saat haid. Kalian bisa melakukan olah raga yang bisa membuat badan terasa lebih rileks, misalnya yoga atau pilates.


3. Perbanyak konsumsi magnesium

Magnesium adalah mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan fungsi neurologis, otot, serta memfasilitasi penyerapan kalsium ke dalam tulang. Kalau kekurangan kalsium, kita bisa mengalami kelemahan otot dan nyeri punggung. Kalau tetap dibiarkan, bisa memicu terjadinya cedera. Jadi, pastikan kita nggak sampai kekurangan asupan magnesium, ya.


4. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat bisa menjadi terapi yang ampuh untuk mengatasi sakit pinggang. Mandi air hangat membantu melemaskan otot dan sendi yang kaku, sehingga bisa mengurangi rasa sakit akibat osteoartitis (nyeri sendi).

Baca juga: Varises:-Gejala dan Penyebabnya

Itulah keempat cara yang bisa membantu meredakan nyeri pinggang, terutama saat haid. Dengan penanganan yang tepat, nyeri pinggang bisa sedikit dikurangi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Nyeri Pinggang saat Haid"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.