Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas!

 


Kulkas atau lemari pendingin berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman mentah, karena selain berfungsi mendinginkan kulkas juga bisa mengawetkan makanan dan minuman tersebut. Tak heran, kita meletakkan sayuran, minuman, dan makanan di kulkas karena lebih aman daripada lemari biasa yang berisiko terkontaminasi  bakteri. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang justru tidak boleh disimpan di kulkas karena menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan. Apa saja makanan yang tidak bisa disimpan di kulkas? Berikut jawabannya:

        1.       Paprika

Paprika merupakan sayuran yang berwarna terang dan berukuran besar, buah ini akan terlihat tetap segar tanpa disimpan di kulkas. Oleh karena itu, paprika tergolong ke dalam sayuran yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas, karena cukup di suhu ruangan saja seperti di rak dapur atau sebuah kantong. Disimpan dalam kulkas akan membuat paprika kehilangan kesegaran dan teksturnya yang renyah.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Jahe

        2.       Buah Tropis



Tentunya buah yang ditanam dan tumbuh di daerah tropis seperti, pisang, manga, papaya, dan beberapa tropis lainnya membutuhkan suhu yang hangat. Hal ini berarti tidak semua buah cocok disimpan di kulkas karena akan lebih baik jika disimpan di tempat yang lebih hangat. Temperatur yang rendah atau suhu dingin justru merusak penampilan fisik dan tekstur buah tropis.

        3.       Saus

Saat mendapatkan saus otomatis orang-orang akan menyimpannya ke dalam kulkas. Ternyata kualitas saus tidak akan berpengaruh jika disimpan di dalam kulkas, bahkan tak menjadi lebih tahan lama saat disimpan di kulkas. Oleh karena itu, saus tomat, mustard, kecap asin, cuka, saus sambal, dan berbagai jenis saus lainnya cukup disimpan di rak dapur saja. Banyak di restoran kita melihat saus yang hanya diletakkan di meja, bahkan untuk waktu yang lama.

        4.       Cokelat



Banyak orang berpikir coklat akan lebih enak dinikmati saat dingin, karena itu tak jarang disimpan di dalam kulkas. Cokelat yang disimpan di dalam kulkas akan dengan mudah menyerap aroma dari bahan makanan lain dan kelembaban yang ada pada kulkas akan membuat lapisan putih di bagian atas coklat. Coklat cukup disimpan pada suhu 15,5 - 21 derajat Celcius, cokelat mampu bertahan selama 6 bulan.

Baca juga: Tips Menghadapi Bediding Saat Pandemi

        5.       Mentega



Sebagian besar orang terbiasa menyimpan mentega langsung di dalam kulkas. Hal ini mengingat mentega yang berasal dari produk olahan susu. Ternyata menyimpan mentega dalam kulkas adalah suatu kesalahan besar yang banyak dilakukan. Kandungan lemak sebesar 80% yang ada pada mentega membuatnya mampu bertahan melawan bakteri hanya pada suhu ruang.

Banyak ‘kan makanan yang bisa disimpan di suhu ruang saja tanpa membuatnya cepat busuk, masih ada lagi, seperti roti dan kue, soda yang belum dibuka, kemangi, ikan kaleng, apel dan pir, acar, dan bawang putih. Menyimpannya di kulkas berisiko mengubah teksturnya menjadi lebih buruk dan malah ada yang berbahaya saat diletakkan di kulkas. Oleh karena itu, jangan sedikit-sedikit benda ini disimpan di kulkas, ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.