Manfaat Baking Soda yang Jarang Diketahui

Baking soda yang juga disebut sebagai soda kue awalnya digunakan sebagai pengembang kue. Namun, perlu tahu nih kalau baking soda pada dasarnya adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3 atau Natrium Bikarbonat. Senyawa ini bersifat basa, jadi saat dicampur dengan asam seperti susu, soda akan menciptakan karbondioksida sehingga membuat kue mengembang. Oleh karena itu, baking soda ini sangat cocok untuk membuat kue.

Namun, ternyata banyak manfaat tak terduga dari baking soda belakangan ini yang beredar di internet. Awalnya diceritakan ini hanya ketidaksengajaan belaka, sehingga mengetahui manfaat lain dari baking soda seperti menunjang Kesehatan atau membersihkan lingkungan rumah. Nah, apa aja sih manfaat baking soda, selain sebagai pengembang kue? Berikut jawabannya:

        1.       Menghilangkan bau kulkas

Satu-satunya penyebab bau tak sedap di kulkas adalah timbunan makanan yang ada di dalamnya. Beberapa bahan makanan akan mengeluarkan bau tak sedap saat disimpan di udara dingin. Nah, untuk mengurangi bau tak sedap ini kitab isa menggunakan baking soda, lho. Caranya sederhana, letakkan dua sendok baking soda ke dalam piring atau mangkuk kecil. Lalu, letakkan mangkuk di dalam rak kulkas biarkan ia menyerap bau tak sedap yang ada.

        2.       Menghilangkan Bau Sepatu

Wah, sepertinya baking soda menghilangkan bau-bau tak sedap, ya. Bau apek sepatu yang muncul karena keingat kaki kita bercampur dengan bakteri, untuk mengurangi baunya cukup menaburkan sedikit baking soda ke dalam sepatu, lalu kocok sepatu agar bisa merata dan menyerap bau tak sedap di dalamnya.

Baca juga: Cara Terbaik Minum Air Putih dan Manfaatnya

        3.       Bahan Obat Kumur

Bahan obat kumur, berarti berfungsi membersihkan rongga mulut karena baking soda mengandung antibakteri dan bisa membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut. Baking soda ini juga bisa digunakan untuk mengharumkan napas. Cara penggunaannya, cukup campurkan 2 sendok the baking soda dengan segelas air hangat dan gunakanlah untuk berkumur.

        4.       Memutihkan gigi

Selain bisa digunakan untuk obat kumur, ternyata baking soda bisa memutihkan gigi bahkan tak jarang pasta gigi menambahkan baking soda ke dalam komposisi bahannya karena baking soda sudah terbukti menghilangkan plak-plak gigi. Lagi-lagi antibakteri dalam baking soda bisa melawan bakteri yang merusak gigi, dan baking soda punya kemampuan membongkar molekul dari lapisan plak pada gigi.

        5.       Deodoran

Mengingat Kembali baking soda bisa mengurangi bau apek sepatu yang diakibatkan oleh keringat dan bakteri, begitu pun dalam hal ini baking soda bisa digunakan sebagai deodorant. Keringat yang bercampur dengan bakteri menimbulkan bau tidak enak dan mengendap di ketiak. Bakteri yang ada memecah keringat menjadi zat asam yang mengeluarkan bau. Nah, antibakteri dalam baking soda mampu mengusir bakteri yang ada pada ketiak.

        6.       Mengobati Gatal

Untuk mengobati gatal kalian bisa menggunakan baking soda yang dicampur air hangat, lalu gunakan air itu untuk berendam atau untuk mengompres kulit yang gatal. Kalian juga bisa membuat pasta dari campuran baking soda dan sedikit air hangat. Oleskan pasta ini ke permukaan kulit yang gatal-gatal. Diamkan beberapa saat baru basuh hingga bersih.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Jahe

        7.       Memutihkan Pakaian

Kandungan dalam baking soda bisa melunturkan noda pada pakaian saat dilarutkan dalam air, baking soda akan berinteraksi dengan asam dari noda dan membuat noda lepas dari serat-serat kain. Cara penggunaannya, campurkan setengah cangkir kecil ke dalam larutan perendam pakaian karena baking soda bisa melembutkan kain, ada baiknya kurangi takaran deterjen yang ada.

        8.       Membersihkan Peralatan Dapur

Nah, ini yang paling luar biasa baking soda bisa membersihkan berbagai peralatan dapur seperti oven, peralatan kopi, bahkan lantai dapur, dan lain sebagainya. Baking soda mampu membersihkan permukaan alat dapur dari residu minyak dan bahan-bahan dapur lain, selain itu bisa mengurangi bau tak sedap sisa proses memasak.

Karena banyaknya kegunaan baking soda yang begitu banyak kita perlu meletakkan baking soda di dalam toples yang tertutup rapat agar tak tercemar bahan-bahan yang tak diinginkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Baking Soda yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.