4 Kebiasaan Sepele yang Bikin Gemuk, Hindari!

 

Gemuk pasti menjadi masalah yang serius dan mengganggu bagi beberapa orang, bahkan tak jarang orang mudah mengalami kesulitan karena badannya yang besar. Mudah sekali untuk menjadi gemuk, tentunya ini karena konsumsi makanan tidak sehat yang berlebih. Semua orang pasti suka mengonsumsi makanan instan dan berlemak, terlebih sekali makan tidak sesuai porsi, bahkan akan melebihi batas. Memang sulit dihentikan saat sudah mengonsumsi makanan yang enak dimulut, pasti nagih dan ingin lebih.

Kebiasaan yang membuat gemuk memang sulit ditinggalkan, tetapi kita bisa mengurangi kebiasaan ini sedikit demi sedikit dengan kebiasaan yang lebih sehat dan positif. Bahkan, ahli gizi klinik Kathleen Zelman, MPH, RD, LD mengatakan hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengurangi kebiasaan ini adalah dengan mengidentifikasi kebiasaan mana yang bisa membuat kita gemuk dan sebaiknya ditinggalkan. 

Setelahnya, akan lebih mudah menguranginya dengan melakukan sesuatu yang lebih sehat dan positif selama 21 hari dan akan meningkatkan peluang menjadi kebiasaan jangka panjang. Oleh karena itu kita perlu mengetahui kebiasaan yang membuat gemuk yang mungkin kita lakukan sehari-hari, lalu diganti dengan kebiasaan yang lebih sehat agar bisa menjaga berat badan yang ideal. Berikut sederet kebiasaan yang bikin gemuk:

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Pemicu Obesitas

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Menurut ahli gizi banyak orang mengonsumsi garam 50% lebih banyak dari anjuran konsumsi garam per hari. Menurut Kementerian Kesehatan RI anjuran konsumsi garam per hari adalah 1 sendok teh atau 5 gramm.Jika berlebih akan menyebabkan gemuk, terlebih kita bisa saja tidak menyadari mengonsumsi garam berlebih lewat makanan olahan, camilan, maupun makanan cepat saji. Memang garam tak secara langsung menyebabkan kegemukan, tetapi bisa membuat kita terlihat lebih gemuk karena juga menjadi penyebab kembung.

2. Kurang minum

Air minum yang cukup sangat penting untuk fungsi tubuh secara keseluruhan dan membantu kita terhindar dari kebiasaan yang membuat gemuk, seperti makan berlebih. Perlu kita tahu, minum dua gelas air bisa menurunkan berat badan 30% lebih banyak daripada yang tidak minum dua gelas air sebelum makan.

3. Tidur yang tidak teratur

Tidur tidak teratur dalam artian bisa berlebih atau kurang tidur yang menyebabkan lemak perut 2,5 kali lebih banyak. Tidur yang baik setidaknya enam sampai tujuh jam per hari secara rutin untuk mengelola berat badan yang sehat.

Baca juga: Tips Diet Sehat dan Alami

4. Pola makan yang tidak baik

Banyak sekali kebiasaan makan yang buruk dan membuat kita semakin gemuk antara lain makan saat tidak lapar, menyimban camilan yang tidak sehat, sering membeli makan luar, makan terburu-buru, makan dengan piring besar. Tentunya ini akan merugikan untuk kesehatan kita, membuat kalori semakin meningkat, terlebih bisa merugikan. Ada baiknya menghemat kantong dengan makan seperlunya dan mengonsumsi masakan sendiri yang lebih sehat dan terjamin kebersihannya. 

Selain itu, melewatkan sarapan akan meningkatkan risiko obesitas karena memperlambat metabolisme tubuh kita dan meningkatkan rasa lapar sehingga tubuh akan berada dalam mode penyimpanan lemak utama dan meningkatkan peluang makan berlebihan pada waktu makan berikutnya. Minum soda juga menyebabkan kita secara tidak sadar makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya, karena mengandung pemanis buatan yang memicu sinyal napsu makan.

Nah, kalian pasti sering makan saat larut malam yang sebenarnya akan menambah berat badan. Hal ini dikarenakan orang-orang yang terjaga hingga larut cenderung mengasup kalori lebih banyak. Serta makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang tidak sehat, tinggi gula darah, dan lemak. Tentunya ini akan membuat kita semakin gemuk dan tidak sehat, selain itu akan lebih sulit tidur dan kualitas tidur terganggu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kebiasaan Sepele yang Bikin Gemuk, Hindari!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.