7 Khasiat Cabai Jawa-Harta Karun Obat Tradisional Indonesia

Pasti tidak asing lagi dengan satu tanaman obat ini, Cabai Jawa yang sudah diakui manfaatnya secara turun-temurun. Tak heran kalau cabai Jawa ini disebut sebagai harta karun obat tradisional Indonesia. Cabai Jawa merupakan rempah yang dekat dengan tanaman lada dan kemukus, cabai Jawa tercatat dalam keluarga Piperaceae atau sirih-sirihan. Tanaman asli Indonesia ini memiliki berbagai sebutan seperti lada Jawa, cabai jamu, cabai puyang, lada panjang, dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Java long pepper.

Tanaman obat dengan nama ilmiah Piper Retrofrac tum vahl ini bisa tumbuh subur di pekaraangan atau hutan, tepatnya di daerah dataran rendah. Cabai Jawa bisa tumbuh subur dengan pemberian media tanam dan drainase yang baik. Seperti yang kita tahu buahnya berwarna merah dan bisa digunakan sebagai bumbu masak dan ramuan herbal untuk penambah stamina tubuh. Khasiat cabai Jawa sudah diakui di berbagai daerah untuk mengobati beragam penyakit, tak khayal dijadikan campuran ramuan jamu. Ada juga yang menggunakannya untuk pengobatan flu, demam, dan masuk angin. Berikut manfaat cabai jawa lainnya:

1. Mencegah malaria dan demam berdarah

Baca juga: 5 Bahan Alami Sembuhkan Asam Lambung

Pasti kalian tidak asing dengan dua penyakit menular yang berbahaya ini karena sempat mengkhawatirkan di tengah masyarakat dan dialami banyak orang, mungkin bisa disebut pandemi dalam skala kecil. Nah, perlu kalian tahu kalau cabai Jawa ini merupakan solusi penambah stamina yang mencegah dua penyakit ini. 

Salah satu kandungan senyawa yang dimiliki oleh cabai Jawa, yaitu alkaloid bisa mencegah dua penyakit ini. Alkaloid sendiri adalah senyawa kimia yang merupakan pertahanan cabai Jawa dan berfungsi sebagai metabolit sekunder. Senyawa kimia ini bersifaat racun atau aloekimia, sehingga saat termakan larva nyamuk pembawa penyakit Malaria dan Demam Berdarah, pertumbuhannya akan terhambat, berkurang, dan berakhir mati.

2. Penyakit beri-beri

Penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin B, sehingga timbul pembesaran hingga pembengkakan pada betis bisa disembuhkan dengan cabai Jawa. Kandungan vitamin B yang tinggi pada tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati penyakit beri-beri. Caranya cukup seduh cabai Jawa yang telah dicampur dengan air dan minum dua kali sehari.

3. Mencegah dan mengobati penyakit anemia

Anemia disebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, sehingga jumlah hemoglobin atau sel darah merah menurun. Akibatnya, tidak cukup untuk mengikat oksigen lebih banyak. Gejala anemia biasanya meliputi pusing dan mual berlebih. Kali ini kandungan senyawa Stomakika yang kaya akan zat besi dalam cabai Jawa mampumencegah dan mengatasi anemia. Cukup dengan merebus cabae Jawa hingga mendidih, kemudian meminumnya secara rutin setiap hari.

4. Mengatasi sakit perut

Ini karena cabe Jawa mengandung senyawa Karminatif yang memiliki kemampuan mengobati penyakit kolik pada bayi maupun orang dewasa.

Baca juga: Tips Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Haid

5. Menghilangkan flu

Penyakit ini sudah seperti langganan setiap bulannya dan ditandai dengan gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, dan disertai pilek sehingga sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Tentunya, kalian bisa memanfaatkan air hasil rebusan cabai Jawa yang mengandung senyawa ekspektoran untuk mencegah dan mengobati flu. 

6. Mengobati lemah syahwat

Kalian pasti tidak asing dengan penyakit lemah syahwat, walau sering terjadi pada pria yang telah lama menjalani pernikahan. Indikasinya adalah terjadinya impotensi yang bisa disebabkan pengaruh rokok. Nah, cabai Jawa bisa menghilangkan penyakit ini, jika diminum secara rutin setiap hari dengan merebusnya di air mendidih.

7. Menambah berat badan

Pastii ada, nih, yang kurus padahal sudah banyak makan dan nyemil. Pengin gemuk sampai mencoba makan banyak, tetapi tetap saja dan menganggap ini memang bentuk tubuh yang dikehendaki yang Kuasaa. Jangan menyerah, kalian perlu mencoba mengonsumsi cabai Jawa yang mengandung senyawa Stomakika yang mampu meningkatkan nafsu makan, sehingga berat badan menjadi ideal. Caranya cukup meminum air rebusan cabai Jawa secara teratur untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Khasiat Cabai Jawa-Harta Karun Obat Tradisional Indonesia"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.