Asyik Berenang di Pemandian Metro Kepanjen

 


Kepanjen menjadi daerah yang tak kalah dengan di kota, sudah banyak kafe yang tak kalah keren dengan kafe di pusat kota. Banyak juga tempat wisata seperti Pemandian Metro Kepanjen yang merupakan satu-satunya pemandian di Kecamatan Kepanjen ini, lho. Pemandian Metro ini memiliki keunikan tersendiri karena kita bisa merasakan kesegaran airnya bersamaan dengan kesejukan dari rindangnya pepohonan yang ada di sekeliling tempat wisata.

Tak heran kalau tempat ini menjadi jujugan warga untuk menghabiskan waktu liburan, apalagi warga sekitar Kepanjen, Sumberpucung, dan Pakisaji. Tempat ini merupakan peninggalan Belanda yang terdiri dari kolam renang anak dan dewasa yang posisinya masih belum berubah. Ada tangga naik, tempat ganti pakaian, dan tempat berjualan yang masih asli. Sedangkan di luar lokasi pemandian ada sebuah jembatan dan di bawahnya ada pos gardu yang jugalah bangunan Belanda.


Pemandian ini terletak di samping jembatan peninggalan Belanda di ujung barat Kota Kepanjen, dari Kota Malang berjarak sekitar 20 km dan berada di ketinggian 330 m dari permukaan laut. Pemandian ini berada di atas Sungai Metro, lho, tak heran kalau dinamakan pemandian Metro. Airnya bersumber dari mata air yang membuatnya lebih segar dan tidak dicampur dengan bahan kimia penjernih kolam renang. Pengelolaannya pun ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Malang dari Dinas Jasa Yasa.

Pemandian yang berlokasi di Jalan Raya Kepanjen, Malang berada tepat di samping jembatan peninggalan Belanda di ujung barat Kota Kepanjen. Pemandian ini dekat dengan hutan kota, sehingga terasa sejuk. Terlebih lahan kota Kepanjen di atas pemandian itu seluas 2 hektar dan diperkiraakan ada 4000 pohon dengan 60-an jenis pohon. Tak khayal, jika pemandian ini dikelilingi peringatan menjaga lingkungan dan tidak boleh menebang pohon karena hutan yang senantiasa dijaga oleh Pemkab Malang. 


Pemandian ini sudah dibuka sejak jam tujuh pagi dan untuk masuk cukup dengan membayar Rp 5.000 saja. Selain itu, setiap Senin dan Jumat jam sore pemandian ini selalu dibersihkan. Jika ingin bermain di kawasan Kepanjen, tak ada salahnya untuk mampir ke sini untuk menyegarkan badan. Terlebih setelah menjalani rutinitas harian yang berat, bisa dihapuskan dengan berenang dan bersenang-senang di pemandian metro, nih. Hanya perlu menempuh jarak 20 kilometer dari kota Malang.

Apalagi setelah menyegarkan diri dengan berenang di pemandian Metro kita bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di Kepanjen yang tak kalah enak dan bervariasi tentunya. Oh iya, perlu kalian tahu kalau di tempat ini terdapat peringatan untuk menjaga lingkungan dan tidak boleh menebang pohon karena hutan yang selalu dijaga oleh Pemkab Malang. Bahkan, Pemkab Malang bersama Dinas Jasa Yasa sebagai pengelola membuat pemandian ini agar lebih menarik dengan berbagai fasilitas lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asyik Berenang di Pemandian Metro Kepanjen"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.