5 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias

Hai Sobat, buat para pecinta kopi pasti menyisakan ampas kopi dalam gelasnya setelah menikmatinya. Terlebih hampir setiap hari kita meminum kopi dan akan membuang ampasnya, eits, sebaiknya jangan dibuang karena ampas kopi bisa bermanfaat untuk tanaman, lho! Perlu kalian tahu, ampas kopi bisa membuat tanaman lebih sehat dan tumbuh subur.

Kabar baik, nih, buat yang selalu menikmati kopi sambil memandangi tanaman di depan rumah dengan duduk-duduk di teras. Pastinya akan tentram melihat tanaman hias tumbuh dengan subur sambil menikmati pahit manisnya kopi. Ya, kita bisa mulai menggunakan dan memanfaatkan ampas kopi untuk tanaman dengan cara berikut:

Baca juga: Secangkir Kopi Sejuta Manfaat

1. Ampas kopi untuk kompos

Ampas kopi bisa digunakan untuk kompos, ada dua macam bahan kompos, yaitu coklat dan hijau. Bubuk kopi akan berwarna coklat, tetapi dalam jargon kompos, kopi termasuk bahan hijau karena mengandung banyak nitrogen. Di dalam bubuk kopi terkandung sekitar 1,45 persen nitrogen. Selain nitrogen, masih terdapat magnesium, mineral, kalsium, dan kalium di dalam bubuk kopi. 

Bahan kompos hijau sendiri termasuk sisa makanan dan potongan rumput, artinya dengan menambahkan bubuk kopi dan penyaring kopi berupa kertas bekas ke kompos sudah menjadikannya sebagai bahan kompos hijau. Namun, perlu diingat jika ada rasio 4 banding 1 bahan kompos coklat dengan bahan kompos hijau. Sebab, akan ada tumpukan kompos yang berbau jika menggunakan terlalu banyak bahan hijau.

2. Pupuk

Sedangkan untuk menggunakan kopi sebagai pupuk cukup dengan menambahkannya ke tanaman dalam jumlah yang lebih kecil. Ampas kopi memiliki pH netral sehingga kita tidak perlu lagi khawatir dengan keasamannya. Namun, berikan secukupnya karena jika terlalu banyak akan menumpuk dan menghalangi air masuk ke dalam tanah. 

Baca juga: Kesalahan Minum Kopi yang Merusak Otak

3. Menetralkan tanaman dengan kadar keasaman tinggi

Seperti yang kita tahu, ampas kopi memiliki pH netral sehingga bisa mendorong pertumbuhan tanaman dengan keasaman tinggi seperti hydrangea, lily, wortel, lobak, dan lainnya. Tanaman dengan tingkat keasaman tinggi ini akan mendapatkan dorongan dari bubuk kopi. Dengan cara ini kopi yang kadaluarsa baik untuk digunakan.

4. Menjauhkan hama

Menariknya, ampas kopi bisa menjadi penghalang untuk hama apalagi siput karena bersifat abrasif. Oleh karena itu, ampas kopi bermanfaat untuk menghalangi hama mendekati tanah dan menyelamatkan tanaman dari hama kebun.

5. Makanan untuk cacing tanah

Ampas kopi sangat disukai oleh cacing, tetapi jangan  sampai terlalu banyak karena keasamannya mengganggu cacing tanah. Cukup secangkir atau lebih bubuk per minggu. Dengan menggunakan ampas kopi akan membuat cacing menyukai tanah dan menjadi media penyubur tanaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.