Lemak Tak Berbahaya, Ini Lima Fungsinya untuk Tubuh

 


Hai Sobat, pasti banyak yang beranggapan jika lemak berbahaya untuk kesehatan karena banyaknya kasus seperti obesitas dan stigma tentang gemuk yang buruk. Faktanya, memang beberapa orang mengonsumsi lemak berbahaya dan jumlah konsumsinya yang berlebihan. Oleh karena itu, asupan lemak perlu dibatasi agar bisa berfungsi secara maksimal. Fungsi lemak untuk tubuh pun beragam, jenis lemak sendiri bervariasi.

Perlu kalian tahu, protein, karbohidrat, dan lemak ini merupakan salah satu jenis makronutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, ketiganya adalah jenis nutrisi ini dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh.Tak hanya itu, ada lemak yang juga berbahaya, tidak semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lemak yang baik untuk tubuh adalah lemak tak jenuh atau lemak sehat seperti asam lemak omega-3. Jadi, tidak semua lemak berbahaya karena ada yang dibutuhkan untuk butuh. Berikut beberapa fungsi lemak untuk tubuh:


1. Menghasilkan Energi Bagi Tubuh

Di urutan pertama, lemak berperan sebagai sumber energi untuk tubuh guna menjalani kegiatan sehari-hari, tetapi tak perlu mengonsumsi lemak secara berlebihan untuk meningkatkan energi. Oleh karena itu, mengonsumsi lemak perlu dibatasi asupannya agar tidak berbahaya bagi tubuh. Selain mengandalkan lemak, kita juga perlu mengonsumsi protein dan karbohidrat untuk mencukupi kebutuhan energi sehari-hari.

2. Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Tidak semua lemak akan digunakan tubuh, sisanya akan disimpan dalam bentuk jaringan lemak yang berfungsi sebagai isolator sehingga suhu tubuh lebih mudah dikontrol. Adanya jaringan lemak yang cukup akan tetap menghangatkan tubuh.

3. Melindungi Organ Tubuh

Lemak berfungsi melindungi organ tubuh dari kerusakan, selain itu juga berperan dalamm membangun sel dan memproduksi hormon, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik. Untuk janin dan anak-anak, asupan lemak berperan sebagai pendukung perkembangan jaringan otak dan saraf serta proses tumbuh kembang."


4. Membantu Penyerapan Vitamin

Jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Nah, agar keempat vitamin ini diserap oleh tubuh dengan lebih baik perlu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak secukupnya.

5. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Terakhir, lemak berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut karena memproduksi sebum atau minyak alami tubuh untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut. Selain itu, lemak berguna untuk pembentukn sel dan jaringan kulit juga rambut yang baru. Oleh karena itu, kalian perlu asupan lemak yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Penelitian menyebutkan lemak baik seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 yang berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut, mencegah dan mengurangi kerontongan, serta membantu proses penyembuhan luka.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lemak Tak Berbahaya, Ini Lima Fungsinya untuk Tubuh"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.