6 Negara Ini Menggunakan bahasa jawa dalam kesehariannya, lho!

 

Hai Sobat, masyarakat Indonesia terutama penduduk Pulau Jawa pasti sedikit banyak mengetahui bahasa Jawa yang sudah membumi di negara kita ini. Terlebih budaya dan tradisi masyarakatnya masih kental dan terjaga dengan baik. Kita pun tak asing lagi dengan kemiripan berbagai budaya, tradisi, seni, makanan, gaya hidup, dan lain sebagainya yang ada pada sejumlah negara di belahan dunia ini. Ada saja antara negara satu dengan yang lainnya yang memiliki kesamaan mengingat sejarah dunia dulu yang menunjukkan asal mula penyebaran seperti sekarang terjadi.

Namun, di antara banyaknya kemiripan negera satu dengan yang lainnya, ada yang unik berkaitan dengan bahasa Jawa. Seperti yang kita tahu jika bahasa Indonesia beragam, bahkan tak pasti antara sukunya mengerti bahasanya satu sama lain. Namun, malah ada beberapa negara yang memiliki kemiripan dalam penggunaan bahasa kesehariannya. Di mana bahasa yang digunakan dalam kesehariannya negara tersebut menggunakan bahasa Jawa. Negera apa saja dan kenapa bisa? Yuk, kita bahas negara mana saja yang menggunakan bahasa Jawa dalam pembicaraan sehari-harinya!

Baca juga: Negeri yang Tak Cinta Budaya Sendiri

1. Belanda

Pasti sudah tahu kalau Belanda dulunya menjajah Indonesia selama 350 tahun, dalam hal ini tak hanya kekayaan negara yang diambil, tetapi juga budaya. Di Belanda, salah satu universitas tertua, yaitu Universitas Leiden memiliki mata kuliah bahasa Jawa, di mana mereka mempelajari bahasa Jawa di Belanda.

2. Malaysia

Perlu kalian tahu, nih, kalau banyak masyarakat Jawa yang berada di Malaysia, bahkan menjadi warga negara di sana sejak lama. Mereka adalah generasi ketiga keturunan orang Jawa yang pada tahun 1900-an pindah ke Malaysia untuk bekerja. Kebanyakan oraang Jawa di Malaysia tinggal di kawasan Tanjung Karang, Sepang, Banting, Kuala Selangor, daan Sabak Bernam.

3. Suriname

Suriname merupakan negara yang pada masanya berada di bawah kekuasaan pemerintah kolonial Belanda, tetapi pada tahun 1890 pemerintah kolonial Belanda memindahkan ribuan penduduk Indonesia ke Suriname. Tercatat pada tahun 1990, penduduk Indonesia yang berada di Suriname sampai 1400 orang. Terlebih di sana terdapat banyak orang yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

4. Kaledonia Baru

Negara yang mungkin terdengar asing di telinga kalian ini dulu dikuasai oleh Negara Prancis, sedangkan Indonesia dikuasai oleh kolonial Belanda. Saat itu pemerintah Prancis membutuhkan tenaga kerja untuk membangun tanah Kaledonia Baru, sehingga pemerintah kolonial Belanda mengirimkan sebagian orang Jawa ke negara Kaledonia Baru.

Baca juga: 7 Khasiat Cabai Jawa-Harta Karun Obat Tradisional Indonesia

5. Madagaskar

Seorang ilmuwan mengatakan bahwa penemu Pulau Madagaskar adalah wanita Indonesia. Pulau ini pertama kali dihuni oleh penduduk Indonesia yang berlayar jauh dari Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Ilmuwan tersebut juga melakukan analisa DNA penduduk Madagaskan dan Indonesia yang hasilnya 22 persen DNA memiliki DNA Polinesia. Selain itu, beberapa suku kata di Madagaskar mempunyai kesamaan dengan bahasa Mak Anya dari Kalimantan.

6. Singapura

Singapura yang merupakan negara tetangga kita menjadi salah satu negara yang menggunakan bahasa Jawa, terlebih banyak keturunan orang Jawa di sana. Banyak orang Jawa yang dikirim sebagai pekerja perkebunan dan menetap di Singapura.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Negara Ini Menggunakan bahasa jawa dalam kesehariannya, lho!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.