Mudah Lelah, Ini 5 Faktor Penyebabnya!

Hai Sobat, terkadang kita merasa sangat lelah dalam kegiatan sehari-hari, walau hal ini umum dialami semua orang, tetapi terkadang hal ini mengganggu kinerja kalian. Terlebih para remaja, dewasa, dan orang tua sering mengatakan merasa lelah atau mengantuk saat melakukan kegiatannya. 

Kelelahan sendiri adalah gejala umum yang disebabkan oleh beberapa kondisi atau penyakit serius. Namun, dari banyaknya kasus menunjukkan hal tersebut disebabkan oleh faktor gaya hidup yang sepele. Namun, jika dibiarkan akan mempengaruhi kehidupan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Berikut 5 faktor penyebab mudah merasa lelah:

1. Menjalani gaya hidup mager

Gaya hidup sendentary atau lebih dikenal dengan mager (males gerak) sering dialami oleh semua kalangan, mereka mengatakan terlalu lelah untuk berolahraga. Kenyataannya tidak aktif bisa menjadi penyebab rendahnya energi kita. Sebuah penelitian menunjukkan jika berolahraga bisa mengurangi kelelahan pada orang sehat dan penderita penyakit. Nah, jika kita menerapkan gaya hidup aktif bisa membantu meningkatkan energi dan lebih sehat.

Baca juga:  5 Cara Efektif Mengatasi Jenuh Saat Bekerja

2. Mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat halus

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh, saat memakannya tubuh kan memecahnya menjadi gula, lalu digunakan untuk bahan bakar. Namun, jika kita mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat malah menyebabkan tubuh merasa lelah sepanjang hari. Hal itu dikarenakan kelebihan karbohidrat yang menyebabkan kadar gula naik dan membuat kita merasa lelah.

3. Minum minuman energi

Beberapa orang lebih memilih meminum minuman berenergi untuk mendapatkan tambahan energi dalam melakukan kegiatan. Minuman energi yang sering dikonsumsi seperti kafein, vitamin B dosis besar, gula, rempah, dan asam amino. Minuman ini memang memberikan tambahan energi karena kandungan kafein dan gula di dalamnya tinggi. Tetapi, itu hanya berguna sementara, minuman ini akan cenderung membuat kita lelah lagi setelah efek kafein dan gulanya hilang. 

4. Kualitas tidur yang buruk

Baca juga: Enjoy di Nine Cafe and Pool Bar di Malang

Di saat tertidur, tubuh akan melakukan banyak hal untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Salah satunya menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur metabolisme serta tingkat energi. Jika, kualitas tidur kita tinggi, maka tubuh akan merasa segar, siap siaga, dan berenergi saat bangun. Nah, untuk mendapatkan kualitas tidur yang tinggi, kita bisa membiasakan diri untuk tidur di waktu yang tepat dan teratur setiap malamnya. Serta bisa melakukannya dengan membuat tubuh rileks sebelu tidur dan melakukan kegiatan di siang hari.

5. Tingkat stres tinggi

Seringkali karena berbagai masalah dalam hidup, seperti masalah di kantor dengan teman kerja, di rumah dengan keluarga, atau yang lainnya menimbulkan tekanan psikis tersendiri untuk kita. Bahkan, masalah yang besar bisa membuat kita terus memikirkannya dan mengalami stres. Gejala stres kronis akan memberikan efek besar pada energi dan kualitas hidup, selain itu respons terhadap stres bisa mempengaruhi seberapa lelahnya tubuh kita. Hal yang bisa dilakukan saat hal ini terjadi, adalah mempraktikkan teknik pengurangan stres seperti yoga dan meditasi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudah Lelah, Ini 5 Faktor Penyebabnya!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.