Tahukah Kamu? 3 Kebudayaan Indonesia Ini Masuk Daftar UNESCO!

 

Hai Sobat, tidak heran lagi dengan kebudayaan dan kesenian Indonesia yang beragam, bahkan hampir di setiap daerahnya mempunyai kebudayaan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan mancanegara. Tak khayal, banyak wisatawan mancanegaraa berbondong-bondong ke Indonesiaa untuk mengenal keberagaman kebudayaan dan kesenian yang unik di Indonesia.

Hal ini tak menutup kemungkinan, jika ada beberapa kebudayaan Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan budaya yang dikukuhkan United Nation Edicational, Scientific, dan Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nah, berikut daftar kebudayaan Indonesia yang masuk dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO:

Baca juga: 6 Negara Ini Menggunakan bahasa jawa dalam kesehariannya, lho!

1. Pertunjukan Wayang

Salah satu budaya Indonesia yang terkenal karena tingkat kesulitannya dalam memainkan boneka wayang serta memainkan gaya musiknya yang kompleks. Tak hanya itu, wayang membawakan cerita kuno yang berasal dari pulau Jawa, bahkan selama 10 abad wayang berkembang di istana kerajaan Jawa dan Bali juga daerah pedesaan.

Perlu kalian tahu, nih, ada dua jenis wayang yang biasanya digunakan dalam pertunjukkan. Pertama, wayang kayu tiga dimensi atau biasa disebut dengan wayang golek atau wayang klitik. Kedua, wayang kulit yang diproyeksikan dari layar putih, di depan layar dinyalakan.

Baca juga: Peresmian dan Pagelaran Pesona Desa Wisata Kabupaten Malang

2. Gamelan

Gamelan merupakan seperangkat alat musik tradisional yang sebagian besar terbuat dari logam tempat tangan seperti perunggu, besi, dan kuningan. Pada 15 Desember 2021 di Paris, Prancis, gamelan secara resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda dalam Sidang UNESCO sesi ke-16 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage. Gamelan sendiri merupakan orkestra perkusi Indonesia, selain itu gamelan mencerminkan tiga aspek penting yaitu material, fungsi, dan musik.

3. Tari Saman

Tari Saman adalah warisan budaya masyarakat Gayo provinsi Aceh di Sumatera. Biasanya tarian ini dilakukan sambil duduk atau berlutut dalam barisan yang rapat, setiap orang mengenakan kostum hitam yang disulam dengan motif Gayo warna-warni yang melambangkan nilai luhur dan alam. Selain itu, gerakan tari Saman melambangkan kehidupan sehari-hari masyarakat Gayo dan lingkungan alamnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Kamu? 3 Kebudayaan Indonesia Ini Masuk Daftar UNESCO!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.