Bukan Mager, 6 Hal Ini Menandakan Kamu Lelah Mental

 


Lelah fisik karena kegiatan yang berat biasanya bisa sembuh dengan menghentikan kegiatan dan meluangkan waktu guna beristirahat. Selain itu, lelah fisik seperti pegal dan lainnya tidak lama karena bisa sembuh dengan pijit, minum obat, atau yang lainnya. Berbeda dengan lelah mental, istirahat fisik pun belum cukup untuk bisa mengatasinya.

Tak jarang, seseorang salah mengartikan lelah fisik dan lelah mental sebagai hal yang sama sampai mengabaikan tanda di diri yang mengindikasikan lelah mental. Mager atau males gerak yang sering kita alami bisa dianggap sebagai lelah mentai, anggapan ini karena kita tidak ingin melakukan kegiatan apa pun. Seperti yang diketahui, lelah mental berbeda dengan rasa malas. Sebab, seseorang cenderung bersantai dengan menikmati waktu luang saat malas. Sedangkan, lelah mental tidak melakukan apa pun, tetapi merasa tertekan dan overthinking. Ada beberapa tanda lelah mental, sebagai berikut :

Baca juga : Mengenal Butterfly Hug dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

1. Lebih mudah tersinggung dan marah

Lebih sensitif terhadap hal-hal ecil menjadi tanda jika kamu sedang lelah mental. Suasana hati yang berubah-ubah membuatmu sulit mengendalikan emosi sehingga mudah marah, sehingga kamu lebih senang menyendiri dan menghindari teman-temanmu. Selain itu, akan mudah meraasa kesal dengan hal sepele. Jika ini terus berlanjut, akan bisa memicu depresi, hal ini akan berdampak buruk pada produktivitas kerja dan hubungan sosial dengan orang di sekitar.

2. Mudah lelah secara fisik

Pasti ada yang seharian berbaring di tempat tidur di akhir pekan untuk menghilangkan lelah dan letih. Saat bangun esok hari rasanya abdan akan lebih segar serta siap melakukan kegiatan lainnya. Hal tersebut terjadi saat dalam keadaan baik-baik saja atau normal. Nah, apabila kamu menghabiskan waktu seharian di atas tempat tidur, tetapi masih merasa lelah ini perlu dicurigai. Terlebih, jika sebenarnya kegiatan yang kamu lakukan setiap harinya sama. Ini bisa menjadi lelah mental yang harus disadari karena bisa diikuti dengan menurunnya kondisi fisik.

Baca juga : Hidup Sehat dengan Gaya Hidup Sehat

3. Bosan pada kegiatan rutin

Tiba-tiba merasa bosan dengan kegiatan rutin yang setiap hari dijalani, padahal selama ini kehidupanmy memang seperti itu dan baik-baik saja, tetapi kali ini merasa bosan. Terbelih dalam bekerja yang harus berangkat pagi dan pulang sore, di mana waktu habis di kantor sehingga saat sampai di rumah hanya mempunyai sedikit sisa waktu guna menghabiskan hari sebelum tidur, lalu besoknya harus kembali menjalani kegiatan yang sama.

Tak heran, jika kamu ingin mencari kegiatan lain. Bahkan, hampir semua pekerja kantoran pernah mengalami fase ini, tetapi jangan sampai mengambil keputusan saat merasa seperti ini. Sebab, biasanya hasil dari keputusan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi karena kurang matangnya rencana.

4. Kehilangan minat pada hal yang sebenarnya kamu sukai

Biasanya tidak akan ada yang bosan dengan kegiatan yang disukai, tetapi jika tiba-tiba merasa kehilangan semangat untuk menjalani hobi bisa jadi kamu lelah mental. Eits, tapi bisa jadi karena hobi tersebut tidak membuahkan hasil ehem. Saat kamu tidak lagi antusias bahkan dulunya tidak kenal lelah menggeluti kegiatan yang diminati, hal itu bukan karena malas, tetapi sebenarnya kamu sedang berada di suasana hati yang tidak mendukung.

Baca juga : Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat untuk Si Pelupa

Terlebih nongkrong bersama teman yang biasanya menjadi kegiatan rutin, tetapi tidak bisa meningkatkan suasana hati. Bahkan bisa menjadi lebih parah dan suasana hatimu jelek sehingga suasana mengobrol menjadi canggung, tidak asyik seperti biasanya.

5. Tetap merasa stress walau sudah liburan

Liburan menjadi kegiatan yang tepat untuk menghilangkan lelah dan rasa bosan setelah bekerja. Terlebih pergi ke pantai atau ke tempat wisata lainnya yang akan memunculkan rasa tenang, bahagia, dan nyaman. Hal ini bisa membuatmu melupakan masalah dan keluh kesah saat di kantor. Namun, saat pulang ke rumah kenyataan pahit kembali datang, stress datang lagi saat kembali pada rutinitas. Liburan pun rasanya tidak menghilangkan stres sepenuhnya.

Nah, itu tandanya kamu lelah mental, jika mengalami beberapa tanda di atas ada baiknya untuk meluangkan waktu sejenak untuk menghindari masalah agar tidak menyebabkan dampak buruk. Lebih baik mengelola stres, menerapkan pola hidup seimbang, serta mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan. Apa nih tanda lelah mental yang sudah kamu alami?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukan Mager, 6 Hal Ini Menandakan Kamu Lelah Mental"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.