Cara Sederhana Tidur Lebih Cepat dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

Insomnia atau sulit tidur sering dialami oleh hampir semua orang, hal ini begitu menyiksa. Terlebih, akan berpengaruh kepada aktivitas di siang hari, di mana akan sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan lelah. Tentunya, hal ini menjadi pantangan untuk para pekerja kantor, terlebih mereka harus menghadap komputer seharian.

Pasti ada yang sudah mencoba berbagai cara untuk bisa tidur cepat, tetapi tidak berhasil. Ada solusi dari Dr Andrew Weil, Universitas Arizona yang memperkenalkan trik pernapasan 4-7-8. Menurut Dr Andrew Weil, mengubah cara bernapas bisa meningkatkan kesehatan serta tidur secara keseluruhan. 

Baca juga : Bahaya Tidur Tidak Teratur

Teknik pernapasan 4-7-8 ini bisa menjadi penenang alami untuk sistem saraf dan membantu Sobat tertidur dalam beberapa menit. Cara kerjanya pun dengan mendapatkan lebih banyak oksigen dalam tubuh, memperlambat tubuh dan pikiran, hingga Sobat segera tidur.

Cara ini dimulai dengan duduk nyaman selama beberapa menit sebelum tidur. Dalam hal ini Sobat perlu mengatur pernapasan hidung dan mulut. Sobat pun tak menyadari, jika banyak bernapas dengan cara yang lebih pendek atau lebih dangkal karena posisi postur tubuh serta kesibukan.

Saat Sobat mulai secara aktif memperdalam dan memperpanjang napas, Sobat akan menyadari betapa sedikit oksigen yang sebenarnya Sobat ambil. Untuk mempraktikkan pernapasan 4-7-8 ini, Sobat perlu meletakkan ujung lidah di belakang gigi depan, lalu mengembuskan melalui mulut. Hal ini akan mengeluarkan suara mendesing.

Baca juga : Rutinitas yang Perlu Dilakukan Sebelum Tidur

Kemudian, Sobat harus memastikan mulut tertutup dan mulai menarik nappas melalui hidung selama empat hitungan. Setelahnya, tahan napas selama tujuh hitungan. Di akhiri, mengembuskan napas dengan cara yang teratur selama delapan hitungan dan tetap berusaha menciptakan suara mendesing.

Teknik ini, perlu diulang selama empat putaran dan tetap berpegang pada rasio 4-7-8 dalam menghirup serta mengembuskan napas. Dr Wil mengatakan, ini bukan teknik yang harus digunakan saat berada di tempat yang membuat Sobat sulit bersantai. Oleh karena itu, Sobat membutuhkan tempat yang tenang untuk melakukannya dengan rileks. Cara apa yang pernah Sobat lakukan untuk mengatasi insomnia, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sederhana Tidur Lebih Cepat dengan Teknik Pernapasan 4-7-8"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.