5 Jenis Susu yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

 


Susu merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh semua orang di segala usia. Susu sendiri mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, bahkan susu bisa berguna untuk menurunkan kolesterol, lho! Namun, tidak semua susu mampu menurunkan kolesterol, sebab ada susu yang justru mengandung kolesterol tinggi dan perlu dihindari.

Kolesterol sendiri merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh dan berasal dari makanan hewani. Kolesterol sebenarnya bermanfaat bagi tubuh, yaitu memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Apabila kadar kolesterol tersebut sesuai, tetapi jika tinggi justru akan berbahaya bagi tubuh bahkan menyebabkan komplikasi. Ada beberapa susu yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol sebagai berikut:

Baca juga : Merawat wajah dengan bahan-bahan alami yuk!

1. Susu almond

Susu almond mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang mampu menurunkan kolesterol LDL serta membantu menjaga sel tubuh agar tetap prima. Bahkan, susu ini diyakini baik untuk jantung. Sama seperti susu lainnya, susu almond juga rendah protein dibandingkan dengan susu sapi.

2. Susu kedelai

Susu ini sering menjadi andalan, terutama bagi mereka yang vegetarian lantaran bahan dasarnya dari kedelai. Selain itu, susu ini murah dan mudah didapatkan. Susu kedelai sendiri mengandung 80 kalori dan dua gram lemak setiap satu cangkir. Sehingga susu ini baik untuk yang memiliki kolesterol tinggi karena kandungan kalorinya rendah. Namun, susu kedelai rendah protein, untuk kamu yang mengincar protein tinggi di asupan makanan perlu mempertimbangkannya kembali.

3. Susu ganja

Susu ganja pasti belum pernah mendengarnya lantaran ganja sendiri dilarang dikonsumsi, apalagi jika susu ganja. Eits, jangan salah karena susu ganja di sini bermaksud pada susu rami. Rami sendiri merupakan varietas ganja yang tidak mengandung bahan psikoaktif atau THC dalam daunnya. Susu rami disarankan untuk yang ingin menstabilkan kadar kolesterol dalam darah, sebab susu ini sama sekali tidak mengandung kolesterol. Selain itu, susu ini mengandung banyak kalsium dan magnesium.

Baca juga : Cara Alami Menghaluskan Telapak Tangan

4. Susu beras

Susu beras merupakan susu yang tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk yang mengendalikan kolesterol. Namun, perlu diingat jika susu ini tinggi karbohidrat sehingga perlu mempertimbangkan kembali untuk meminumnya apabila Anda termasuk orang yang membatasi karbohidrat.

5. Oat Milk atau Susu Oat

Susu yang populer ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga banyak orang yang memilihnya dibandingkan susu sapi. Diketahui, jika susu jenis ini mempunyai serat larut yang tinggi dan mendukung penurunan kolesterol. Terlebih terdapat kandungan beta-glucan yang terdapat di oatmilk sehingga bisa mengatur metabolisme kolesterol dan kesehatan mikrobiota usus.

Nah, itulah 5 jenis susu yang ampuh menurunkan kolesterol karena kandungan di dalamnya yang bermanfaat. Tak hanya dengan rutin meminum salah satu susu di atas, untuk kalian yang ingin menurunkan kolesterol juga perlu menerapkan pola hidup sehat. Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat tetap penting. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Jenis Susu yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.