5 Tips Wujudkan Home Library yang Nyaman

 

Bagi orang yang hobi membaca, memiliki perpustakaan di rumah menjadi impian terpendam yang sering tertunda. Pasalnya membangun home library terdengar mahal dan seakan sulit untuk diwujudkan terlebih saat anggaran yang ada terbatas. Padahal impian ini bisa diwujudkan dengan budget yang sudah disisihkan. Hal yang sangat penting adalah adanya ruang kosong.

Tempat menjadi hal yang paling utama dalam membuat perpustakaan di rumah. Jika tidak ada tempat, bisa diatasi dengan menggabungkan perpustakaan dan ruang keluarga. Selain itu, menghemat biaya menjadi solusi untuk mewujudkan keinginan memiliki home library, tetapi tetap nyaman dan keren. Nih, ada tips untuk membuat perpustakaan di rumah sesuai budget, tapi tetap bikin nyaman!

Baca juga : Rela Berdesakan demi Berebut Kursi Perpustakaan

1. Mencari buku yang tepat

Tentunya, hal pertama yang harus diperhatikan saat merencanakan membuat perpustakaan di rumah adalah buku. Untuk pengoleksi buku pasti sudah memiliki banyak buku yang akan ditampilkan di home library. Namun, jika belum memiliki buku dalam jumlah besar, kamu tidak harus membelinya. Ya, kamu bisa mulai membeli buku di toko buku bekas atau di bazar buku untul menekan pengeluaran. Dalam memilih buku pun tidak bisa sembarangan, maka dari itu pilohlah buku yang ingin dibaca terus menerus atau yang bermanfaat untuk kegiatan penelitian, dan lainnya. 

2. Memilih rak buku

Saat ingin membeli rak buku, pasti kamu menginginkan built-in bookshelf, di mana rak tersebut menjorok ke dalam dinding. Rak buku seperti itu banyak diminati karena terlihat rapi dan lebih lega, tetapi akan memakan biaya lebih besar. Oleh karena itu, untuk mengurangi pengeluaran yang tidaj penting, ini bisa disiasati dengan membeli rak buku bekas. Selain itu, juga bisa memanfaatkan wadah kayu yang menempel ke dinding. Pilihlah rak buku yang tidak mudah rusak dan harganya murah.

Baca juga : Mengenali Buku Bajakan

3. Menciptakan suasana membaca yang nyaman

Seringkali, perpustakaan di rumah digunakan sebagai ruang kerja atau ruang belajar, walaupun jarang ad yang membuat ruang kerja di rumah. Namun, dengan menempatkan meja di ruangan bisa menjadikan perpustakaan lebih terorganisir untuk mengerjakan sesuatu. Tema perpustakaan juga penting ditentukan, sehingga dalam mencari perabotan unik, antik, maupun estetik bahkan untuk seseorang yang menyukai konsep minimalis modern ini akan menambah nilai home library. 

Ada banyak tema dan ide yang bisa dipilih, tetapi yang terpenting adalah fungsi. Oleh karena itu, tempatkan meja dan kursi yang nyaman untuk membaca maupun mengerjakan hal lain. Untuk menghemat pengeluaran pun, kamu bisa menyiasati meja kerja dengan menggunakan meja bekas yang bisa dibeli di toko barang bekas serta mengecatnya agr terlihat baru. 

Baca juga : 5 Tips agar Tidak Boros dengan Memulai Gaya Hidup Minimalis

4. Pencahayaan yang sesuai

Dalam kegiatan membaca pastinya lampu di tengah atap dibutuhkan untuk menerangi keseluruhan ruang. Pastinya memerlukan lampu yang dapat membuat kita fokus membaca dan kesehatan akan lebih terjaga. Ada baiknya memilih lampu baca yang bisa ditaruh di atas meja, jika kamu sering membaca sambil duduk di kursi kerja. 

5. Menambahkan dekorasi

Terakhir, tambahkan beberapa dekorasi karena ruangan akan terlihat ada yang kurang tanpa beberapa perlengkapan seperti karpet bulu dan lainnya. Selain karpet buku yang menambah kesan nyaman dan hangat, tambahkan patung kecil atau ornamen lainnya untuk memisah buku. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Wujudkan Home Library yang Nyaman"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.