Tips Merapikan Gigi Tanpa Menggunakan Behel

 


Memiliki gigi rapi menjadi keinginan hampir semua orang guna menunjang penampilannya agar terlihat rapi dan bersih, bahkan membuat penampilan lebih menarik dan percaya diri. Selain itu, karena bisa tampil percaya diri dan tersenyum membuat Sobat terlihat lebih profesional.

Seringkali orang menggunakan behel atau kawat gigi untuk merapikan gigi, tetapi penggunaan benda tersebut tidak sepenuhnya memberikan manfaat. Malah terdapat efek  samping seperti tidak nyaman, bahkan bisa membuat gusi terluka maupun iritasi. Maka dari itu, Sobat perlu mencoba alternatif lain untuk merapikan gigi tanpa menggunakan behel, berikut di antaranya:

Baca juga: 5 Tips Agar Cabut Gigi Tidak Sakit

1.Kontur gigi

Dental contouring atau kontur gigi merupakan cara menghilangkan beberapa bagian kecil enamel atau lapisan luar guna mengubah bentuk, panjang, serta permukaan gigi. Walaupun membuat gigi terasa ngilu atau nyeri, tetapi pengambilan enamel gigi tidak merasakan apapun. Malah, setelah melakukan kontur gigi Sobat akan mempunyai bentuk gigi yang indah, sesuai presisi, serta mempunyai senyum yang menawan.

2.Menggunakan aligner

Aligner atau alat penyangga gigi yang tipis serta berasal dari plastik bisa digunakan dengan praktis. Sebuah jurnal mengatakan, bahwa aligner bisa dimanfaatkan untuk mengobati maloklusi minor remaja dan dewasa. Alat ini mirip dengan retainer yang biasa digunakan setelah melepas behel gigi. Hanya saja, aligner berasal dari 100% plastik bening dan lebih lentur. 

Menariknya, alat ini tidak mengganggu proses mengunyah maupun menggigit makanan. Apalagi ukurannya pun sesuai dengan ukuran gigi penggunanya, tetapi dalam penggunaannya perlu mengantinya setiap 2-3 minggu sekali guna mendapatkan hasil maksimal.

3.Menggunakan veneer

Veneer merupakan cara memutihkan gigi yang banyak digemari. Selain itu, veneer juga bisa digunakan untuk merapikan gigi. Veneer sendiri adalah lapisan tipis yang umumnya berasal dari porselen dengan warna yang mirip gigi asli serta memberikan kesaan gigi lebih bersih. Benda ini juga sering dimanfaatkan untuk merapatkan gigi yang berjarak.

Baca juga: Tips Ampuh Atasi Sakit Gigi Pakai Bahan Alami

4.Menggunakan benang gigi

Denntal floss atau benang gigi sering dimanfaatkan untuk membersihkan sisi makanan yang menempel di sela-sela gigi. Akan tetapi, cara ini bisa digunakan untuk merapikan gigi. Caranya dengan mengambil benang gigi sepanjang kurang lebih 45 cm, lalu lilitkan keduanya di jari tengah tangan kanan dan kiri. Kemudian, pegang erat benang dengan bantuan ibu jari dan jari telunjuk.

Setelah itu, Sobat bisa menyelipkan benang gigi di salah satu sela gigi dan menggesekkannya membentuk pola huruf C. Gerakkan benang secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi, dan natik turun. Lalukan hal yang sama di sela-sela gigi lainnya.

Itulah 4 cara merapikan gigi tanpa harus menggunakan behel. Buat Sobat yang ingin terlihat bagus secara penampilan dan terbiasa menggunakan kawat gigi mungkin  tidak masalah dengan behel. Akan tetapi, untuk Sobat yang merasa tidak nyaman bisa memilih alternatif lain untuk merapikann gigi. Mana nih kira-kira yang akan Sobat gunakan untuk merapikan gigi?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merapikan Gigi Tanpa Menggunakan Behel"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.