Aplikasi di Android Tiba-Tiba Log Out, Begini Cara Mengatasinya!

 


Untuk para pengguna android, pastinya pernah mengalami log out dari aplikasi secara tiba-tiba saja. Misalnya saja saat menjalankan aplikasi, kemudian log out sendiri atau force close. Dalam hal ini, Sobat tidak perlu khawatir, lupa kata sandi, adanya kerusakan, atau diblokir karena suatu kesalahan, dan pikiran negatif lainnya yang menyebabkan Sobat log out dari aplikasi tersebut. Sebab, ada berbagai yang mengakibatkan masalah tersebut, serta ada cara mudah dalam mengatasinya.

Ada beberapa cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri tanpa membawanya ke service center, karena masalah ini bisa ditangani sendiri dengan mudah. Kondisi yang biasa disebut force close atau aplikasi yang sedang dibuka atau digunakan tiba-tiba tertutup dengan sendirinya. Biasanya ini dikarenakan gangguan pada sistem perangkat ponsel bahkan kerusakan bawaan dari aplikasi. Selain itu, hal ini bisa dikarenakan beberapa faktor lain, seperti cache aplikasi menumpuk, ada bug di aplikasi, ruang penyimpanan internal penuh, dan lainnya. Berikut cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri:

Baca juga: Tips Hemat Kuota untuk Nonton Youtube, Otak-Atik Setting!

1. Memulai kembali/restart perangkat

Ketika aplikasi keluar sendiri, cara pertama yang bisa Sobat bisa lakukan adalah restart ponsel. Hal ini untuk memperbaiki bug sistem di aplikasi, juga bermanfaat untuk menyegarkan sistem, menutup semua aplikasi yang berjalan, sampai menghapus file sementara di ponsel. Untuk memulai restart Sobat bisa menekan lama tombol daya kurang labih sepuluh menit, lalu menunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai serta bisa digunakan kembali.

2. Melakukan kembali force close manual

Aplikasi menutup sendiri bisa juga dikarenakan bug sehingga menghambat kinerja sistem ponsel. Sobat bisa mencoba menutup paksaaplikasi yang keluar dengan cara manual guna mencegah crash. Cara ini bisa dimulai dengan membuka menu pengaturan dari ponsel, lalu mengetuk 'aplikasi dan notifikasi'. Berlanjut ke menekanopsi 'lihat semua' aplikasi di mana Sobat akan mekihat semua aplikasi yang ada di ponsel. Selanjutnya, Sobat bisa memilih aplikasi yang sebelumnya keluar sendiri. Langkah terakhir, tekan tombol 'Paksa Berhenti' atau force close gun mematikan aplikasi tersebut.

3. Menginstal ulang aplikasi

Penyebab lainnya force close karena aplikasi rusak serta meyimpan bug, atau versi aplikasi yang digunakan sudah lama. Maka dari itu, Sobat bisa menginstal ulang aplikasi yang sebelumnya sering keluar secara tiba-tiba bisa kembali dipulihkan. Caranya dengan uninstal aplikasi yang bermasalah, lalu mengunduhnya kembali di Google Play Store.

Baca juga: 5 Manfaat Game Online, Bermain Game dengan Mudah

4. Meng-update aplikasi

Melakukan pembaruan atau update aplikasi penting dilakukan untuk memperbarui versi. Sebelum itu, Sobat perlu memeriksa terlebih dulu apakah aplikasi yang digunakan masih versi beta atau stable. Apabila menggunakan versi lama, ada baiknya segera update ke Google Play Store. Saat aplikasi telah diperbarui, keterangan akan menunjukkan update atau upgrade. Sobat bisa langsung menekannya dan menunggu sampai proses selesai.

5. Membersihkan cache

Cache sering kali menumpuk dan menurunkan performa ponsel, bahkan memengaruhi kinerja aplikasi sehingga sering keluar sendiri. Maka dari itu, Sobat perlu melakukan penghapusan data cache aplikasi secara rutin guna membebaskan file sementara. Dengan menbuka menu pengaturan, lalu membuka menu Apps. Periksa setiap daftar aplikasi di ponsel serta tekan Storage. Kemudian, pilih Cache dan tekan clear cache.

Itulah lima cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi yang tiba-tiba log out sendiri saat digunakan. Untuk Sobat yang sedang mengerjakan sesuatu, tentunya akan menjengkelkan apabila pekerjaan belum sepenuhnya selesai, tetapi aplikasi tiba-tiba tertutup sendiri. Nah, momen menjengkelkan apa nih berkaitan force close yang pernah Sobat alami?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi di Android Tiba-Tiba Log Out, Begini Cara Mengatasinya!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.