Pagimu Kurang Produktif? Coba Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini!


Memulai hari dengan wajah murung, mata lelah, rasa kantuk, dan malas sering terjadi belakangan ini. Sehingga kegiatan bekerja terganggu, bahkan produktivitas dalam bekerja berkurang karenanya. Badan yang terasa lunglai, konsentrasi yang rendah, dan berbagai keluhan lainnya sering menjadi penyebab hilangnya semangat bekerja. Bahkan, hal ini terjadi secara berkepanjangan dan memberikan dampak buruk pada kehidupan sehari-hari.

Faktor paling penting untuk memulai hari adalah bangun pagi, di mana setiap orang mempunyai rutinitas yang berbeda. Nah, perlu diketahui apabila rutinitas tersebut bisa berpengaruh pada produktivitas kita sepanjang harinya. Alih-alih menetapkan kegiatan pagi yang bisa membantu diri mengatur dan menyelesaikan tugas, banyak orang yang memulainya tanpa rencana. Melihat berita, membuka media sosial, memeriksa email dan lainnya. Dalam hal ini, ada beberapa kebiasaan buruk yang akan memengaruhi produktivitas di pagi hari, antara lain:

Baca juga: Wujudkan Work Life Balance dengan 5 Kebiasaan Ini!

1. Mengabaikan alarm

Alarm yang tujuan awalnya dinyalakan untuk bangun dan mengingatkan diri untuk memulai pekerjaan sekarang malah sering hanya digeser atau di-snooze saat berbunyi. Hal tersebut sering dilakukan untuk menunda waktu bangun, memberi waktu diri untuk rebahan. Akan tetapi, malah bangun mepet waktu dan berakhir tergesa-gesa dan itu tidak memberikan waktu untuk istirahat.

Kebiasaan tersebut malah membuat kota stres dan membuang waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri secara mental guna menjalani hari. Untuk mengatasi hal ini, Sobat bisa mencari kegiatan yang ditunggu-tunggu di pagi hari sehingga kita lebih bersemangat untuk bangun dari tempat tidur saat alarm pertama kali berbunyi.

2. Memeriksa gadget setelah bangun

Mayoritas orang akan memeriksa pesan di media sosial dengan gadget guna mengetahui hal yang mereka lewatkan saat tidur. Justru kebiasaan ini bisa menghambat dan memperparah suasana hati. Perlu disadari pula, orang lain juga tidur selama itu dan menjalani harinya. Apalagi saat bangun memeriksa ponsel untuk menggulir media sosial akan membuang waktu dan menyebabkan kita terburu-buru di pagi hari. Selain itu, juga memicu stres atau rasa khawatir. Akan lebih baik apabila Sobat melakukan meditasi, menyalakan musik, serta meluangkan waktu untuk meregangkan tubuh.

Baca juga: Tips Mengatasi Kecanduan Media Sosial

3. Menonton berita

Seringkali orang memulai hari dengan mengetahui apa yang terjadi di dunia. Hal ini membawa dampak negatif pada ketakutan, memengaruhi keputusan dan komunikasi kita, serta pemikiran buruk lainnya. Ada baiknya Sobat mengawali hari dengan memeriksa kondisi tubuh serta kebutuhan lainnya sebelum menonton berita. Disarankan juga untuk membaca sekilas judul berita dan artikel yang berhubungan dengan pekerjaan.

4. Tidak menyisihkan waktu untuk bangun sepenuhnya

Ini yang sering luput dari perhatian orang-orang, bangun terburu-buru karena sudah mepet, bahkan tidak ada waktu untuk membuat diri sepenuhnya bangun dan nyawa terkumpul kembali. Hal tersebut membuat kita kesulitan menghadapi orang-orang serta situasi yang dijumpai, energi kita pun akan terkuras. Padahal penting untuk menyisihkan waktu untuk bangun sepenuhnya kurang lebih 30 menit.

Nah, itulah 4 kebiasaan buruk yang membuat hari kita semakin parah. Terlebih rutinitas tersebut memengaruhi produktivitas kerja dan berimbas pada kesehatan. Bukannya bermanfaat untuk memulai hari, kegiatan di atas seringkali menjadi penyebab hari ini lebih buruk. Kegiatan pagi hari Sobat apa, nih? 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pagimu Kurang Produktif? Coba Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.