Saat Service Motor Perhatian 8 Bagian yang Wajib Diperiksa Ini!

Tinggal beberapa hari menuju hari raya Idul Fitri, siapa yang sudah merencanakan mudik, nih? Semakin dekat dengan hari raya akan semakin ramai dan macet jalanan, tentunya akan mempersulit perjalanan mudik tahun ini. Selain masalah macet, perihal kendaraan pun jadi masalah saat di tengah ramainya lalu-lalang mobil maupun motor di jalan raya. Nah, ada kemungkinan kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh akan mengalami masalah.

Servis motor merupakan pemeriksaan keadaan motor secara rutin yang biasanya dilakukan ketika motor telah mencapai jarak tempuh tertentu. Mulai dari memeriksa saluran bahan bakar, keadaan mesin, oli mesin, oli gardan, ban, rem, gas tangan, dan lainnya. Mengingat kegiatan mudik yang membawa barang berat dalam jumlah banyak, masih bersaing di jalanan bersama banyak orang dan jarak jauh tentu penting untuk memerhatikan kondisi kendaraan sebelum melakukannya.

Motor sendiri membutuhkan servis yang harus dilakukan secara rutin dan terjadwal agar performa motor tidak turun atau bisa saja rusak. Planet Ban sendiri merupakan toko modern terbesar di Indonesia dalam bidang suku cadang. Sesuai namanya, produk utama dari toko ini adalah ban. Bahkan, terdapat banyak merek ban di tempat ini, serta sudah terdapat banyak toko cabangnya. Berkaitan dengan hal tersebut hadir Planet Ban yang merupakan tempat servis motor terbaik dan terjangkau. Eits, tetapi ada 8 bagian yang harus Sobat perhatikan saat melakukan service motor, antara lain:

1. Oli mesin

Pasti sudah tahu apabila oli mesin memiliki peranan penting bagi kendaraan, yaitu sebagai pelumas, pendingin, serta pelindung mesin. Oleh karena itu, agar kinerja mesin motor tetap prima dan gesit penting bagi pemilik motor untuk melakukan penggantian oli secara rutin sesuai jarak tempuh yang tercapai sesuai rata-rata pabrik yang menyarankan penggantian di 2500 Km.

Umumnya, biaya yang Sobat butuhkan untuk melakukan penggantian oli meliputi biaya pembelian oli yang harganya tergantung merek dan biaya jasa ganti olinya. Eits, tetapi dalam beberapa tahun ini sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang telah berani memberikan rekomendasi penggantian hingga 5000 KM atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Hal tersebut dikarenakan oli yang dipasarkan telah memanfaatkan teknologi ester. Para retailler pun mengakui bisa dua kali lebih lama dari oli biasa, sebab oli tersebut merupakan base oil tertinggi dalam kelas oli.

2. Oli Gardan

Oli kali ini mungkin jarang terdengar di telinga, tetapi memiliki peranan penting bagi kendaraan. Sekadar informasi, oli gardan merupakan pelumas yang dibutuhkan untuk mengurangi gesekan antar komponen transmisi otomatis. Oli ini pun digunakan untuk motor matik maupun mobil, serta berfungsi untuk melindungi agar tidak ada komponen yang cepat rusak ketika saling bergesekan. Dalam hal ini, oli gardan membutuhkan penggantian secara rutin mengingat fungsinya sebagai pelumas gear yang terdapat dalam CVT (Continuously Variable Transmission). Wakti penggantian pun memanfaatkan rumus dua kali ganti oli mesin, lalu bersamaan dengan satu kali ganti oli gardan.

3. Busi

Bagian kecil dari motor ini pun tak kalah penting sehingga masuk ke dalam bagian yang wajib diperiksa ketika servis motor. Busi merupakan bagian motor yang memiliki fungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api. Dengan peranan itu, mesin bisa menyala dan motor bisa bekerja dengan baik. Namun, apabila busi tidak bisa berfungsi dengan baik maka akan berpengaruh pada motor yang sulit dinyalakan sehingga dibutuhkan penggantian busi.

4. Kampas rem

Dalam berkendara, keamanan serta keselamatan berkendara menjadi faktor utama yang wajib diperhatikan. Nah, dalam motor terdapat komponen yang memiliki pengaruh besar pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Tentunya komponen utama sistem pengereman adalah kampas rem. Apabila kampas rem telah tipis tentunya rem akan kurang pakem serta berbahaya bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Maka dari itu, keadaan kampas rem harus selalu diperiksa ketika melakukan servis motor.

5. Filter udara

Perlu diketahui apabila terdapat filter udara yang jugalah komponen penting dalam motor, fungsinya sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran untuk mencegah masuknya kotoran. Tentunya hal tersebut untuk mencegah kemungkinan tersumbatnya sistem injeksi serta karburator. Umumnya, pengecekan pada filter udara akan dilakukan lebih dulu sebelum mekanik memutuskan filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Accu atau aki

Perihal aki seringkali jadi masalah besar dan menimbulkan kepanikan saat menyalakan kendaraan, tetapi tiba-tiba sulit. Biasanya kerusakan aki karena terkena air hujan, jarang memanaskan mesin saat akan digunakan. Aki sendiri memiliki tegangan ideal, yaitu berada pada 12,3-12,6 volt dalam keadaan mesin mati, sedangkan saat mesin menyala tegangan aki berada pada 13,7-14,2 volt.

Apabila tegangan aki tidak sesuai dengan patokan tersebut, kemungkinan ada kebocoran atau keadaan terminal yang berkarat. Dalam kondisi ini, tentunya harus dibawa ke mekanik dan melakukan pemeriksaan secara detail. Keadaan aki yang tidak layak harus diganti agar kendaraan tetap nyaman digunakan.

7. Ban

Komponen motor yang satu ini pun tidak kalah penting untuk diperiksa, tentu kejadian seperti ban kempes, ban tipis, dan bocor akan berbahaya saat di jalan. Maka dari itu, pemeriksaan pada ban juga wajib dilakukan secara rutin. Ada baiknya Sobat mengecek keadaan ban terlebih dulu sebelum menggunakan motor. Akan tetapi, di saat servis motor, mekanik akan fokus pada pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, keadaan ban secara keseluruhan, dan lain sebagainya.

8. Tune up motor rutin

Mungkin istilah ini jarang terdengar, tetapi juga penting dilakukan secara rutin. Servis tune up merupakan servis rutin yang mencakup pengecekan semua komponen, terutama komponen yang berhubungan dengan performa motor secara keseluruhan. Biasanya pemeriksaan yang dilakukan mulai dari tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator atau saringan udara, memeriksa tegangan rantai, kondisi rem, dan klakson. Ada masanya tune up juga dilengkapi dengan penggantian ol mesin, oli gardan, dan sparepart. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena mekanik akan memberi informasi tentang kondisi motor, baru setelah Sobat setuju akan dilakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Setelah mengetahui komponen apa yang wajib diperhatikan saat servis motor, tentunya harus memilih tempat servis yang tepat. Di tengah banyaknya bengkel di luaran sana, Sobat perlu mencari bengkel motor yang bagus. Nah, ada salah satu bengkel yang sangat direkomendasikan untuk servis motor, yaitu Planet Ban. Planet Ban melayani servis motor dengan baik hingga Sobat bisa merasakan mesin baru setelah melakukan servis di sana. Di bengkel yang satu ini ada servis motor rasa baru yang dikenalkan dengan sistem servis terpadu.

Servis motor rasa baru ini bertujuan untuk meningkatkan performa serta ketahanan motor dengan cara yang tepat juga cepat, dan biaya lebih hemat. Tentunya, servis ini berfokus pada pemeriksaan serta perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi serta jarang diservis. Nah, sebenarnya apa sih manfaat dari servis motor di bengkel Planet Ban?

Oli yang digunakan berasal dari cairan khusus dengan teknologi tinggi sehingga bisa meningkatkan performa motor serta melindungi mesin.

Apabila dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka penggunaan kendaraan akan lebih nyaman serta tahan lama.

Setiap mencapai jarak tempuh 5000 Km dilakukan penggantian oli, sehingga Sobat tidak sering ke bengkel, melainkan lebih hemat dengan servis saja.

Dengan melakukan servis ke Planet Ban dan menggunakan material di sana, Sobat ikut menjaga lingkungan karena emisi serta polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lainnya

Buat Sobat yang sering melakukan servis di tempat lain, kemungkinan terdapat kotoran, debu, maupun sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa komponen mesin. Tak jarang pula ada kotoran maupun debu di area CVT, sehingga motor terasa berat. Apabila Sobat melakukan servis di Planet Ban secara rutin maka semua bagian mesin akan dibersihkan sampai seperti baru. Bahkan, kepala silinder, area CVT, klep mesin, throttle body, dan lainnya bersih. Sisa pembakaran, debu, serta kotoran pun bersih hingga mesin terlihat baru.

Nah, melakukan servis di bengkel ini bisa membuat motor Sobat terasa baru karena hasilnya tarikan akan menjadi lebih ringan, emisi turun lebih dari 70 persen sehingga lebih hemat BBM, serta mesin lebih bersih total. Masalah servis motor pun Sobat tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan untuk pelayanan selengkap itu, terjangkau banget, lho! Biaya servis motor injeksi hanya Rp20.000, untuk servis CVT dan rantainya Rp19.500, juga servis throttle body pun hanya Rp20.000. Mantep tidak tuh servis di Planet Ban? Bakalan jadi pertimbangan untuk servis motor sebelum mudik pastinya. 

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Saat Service Motor Perhatian 8 Bagian yang Wajib Diperiksa Ini!"

  1. Rupanya Mbak Annisa dari Kepanjen toh? BTW planetban ini memang membantu banget pelayannannya.

    BalasHapus
  2. Anti ribet ya kalau motor masuk Planet Ban, tinggal nunggu diservis motor jadi enak di gas

    BalasHapus
  3. Planet Ban punya keunggulan yang bikin dia diminati banyak konsumen, padahal terbilang masih baru lho.

    BalasHapus
  4. Puas banget ya service motor di Planet Ban. Abis service, pulang-pulang kayak bawa motor baru. Harganya juga terjangkau.

    BalasHapus
  5. luar biasaaaa planet ban kasih pelayanan yg daebaakkk bgt.
    konsumen pasti puas yah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.