Latest News

CINTA
KISAH

LIFESTYLE

KULINER

PROFIL

RENUNGAN

Recent Posts

Sabtu, 19 Mei 2018

Surat Terbuka untuk Afi Nihaya Faradisa









Anisa AE - Dear Dik Afi Nihaya Faradisa.

Sebelumnya perkenalkan, nama saya Anisa. Saya bukan siapa-siapa, hanya seorang ibu yang berusaha berjuang untuk anak-anaknya. 

Beberapa waktu lalu, saya membaca sebuah tulisan di FB Dik Afi soal warisan yang saat itu dibagikan oleh teman FB saya yang lain. Entah kenapa saat itu saya tidak tertarik untuk share juga. Apalagi saat saya membaca komentar-komentar di dalamnya yang sudah ribuan dan dibagikan oleh ribuan orang juga.
Saya membaca tulisan itu dengan banyak kernyitan. Well, mungkin saya lebih suka tulisan pendek yang langsung ke poinnya daripada yang panjang, tapi banyak menimbulkan tanda tanya. 

Dik Afi, sayang.

Saya tak punya televisi, jarang membaca koran. Tak tahu setenar apa Dik Afi di luar sana karena status soal warisan tersebut. Saya pun sudah hampir lupa dengan status tersebut, sampai akhirnya mencuat  lagi saat ini.

Namun kali ini berbeda. Banyak sekali hujatan yang ditujukan padamu soal status itu. Iya, status soal warisan yang sempat saya baca tersebut. Kau pun mulai terkenal sebagai plagiator di kalangan teman-teman facebook saya.





Awalnya saya tak peduli. 

Sampai akhirnya saya bosan dengan banyaknya status yang sangat sering berseliweran. Bahkan sampai namamu pun diartikan bermacam-macam. Saya kasihan padamu, pada orang tuamu, khususnya ibumu. Saya juga seorang ibu, pernah merasakan bagaimana anak saya dibully orang. Sakit dan hati rasanya teriris. (Baca selengkapnya)

Jumat, 18 Mei 2018

3 Tips Cantik Saat Lebaran







Anisa AE - Lebaran idul fitri merupakan moment penting bagi semuaumat muslim di seluruh dunia. Mengingat idul fitri adalah satu dari dua hari raya umat muslim. Umat muslim sendiri memiliki dua hari raya yakni hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Terkhusus untuk hari raya idul fitri diperingati setelah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh, hari raya idul fitri merupakan hari kemenangan bagi mereka yang berhasil melewati bulan puasa dengan penuh kekhusyukan ibadah. Setelah 30 hari berpuasa menahan haus, lapar, dan segala macam hawa nafsu hingga akhirnya tibalah hari yang ditunggu-tunggu yakni idul fitri.

Baca Juga : Female Blazzer untuk Penampilan Formal

Menyambut hari raya tentunya banyak yang harus dipersiapkan. Dari mulai sajian hidangan khas lebaran seperti ketupat dan por ayam, kue lebaran seperti nastar dan putri salju, hingga busana muslim yang akan dikenakan untuk solat ied dan bersilaturahmi. Meskipun tidak ada ketentuan khusus bahwa lebaran harus membeli baju baru, namun sudah menjadi tradisi tersendiri bagi seluruh muslim di tanah air untuk berbelanja baju menjelang lebaran. Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki keinginan tersendiri untuk memilih busana yang ingin dikenakan saat hari raya. Terkhusus untuk perempuan yang selalu ingin tampil cantik setiap saat, berikut beberapa tips tampil cantik saat lebaran yang bisa dijadikan referensi.


Setiap tahunnya, selalu ada model dan trend berbusana baru yang hadir menemani hari raya idul fitri. Trend-trend tersebut muncul untuk menjawab perkembangan zaman. Namun bagi perempuan, ada satu hal yang tidak pernah berubah dalam trend berbusana muslim yakni hijab. Hijab begitu identik dengan muslimah dan hari raya, model dan jenisnya juga kini semakin beragam. Kini banyak sekali produser hijab dan designer hijab yang menyediakan banyak pilihan bagi muslimah untuk menambah koleksi hijabnya.

Baca Juga : Bahan Khimar Syar'i Yang Populer

Terlebih di hari raya yang istimewa, hijab cantik wajib digunakan dipadupadankan dengan setelan busana muslim seperti tuniq, gamis, atau blouse. Tampil cantik saat hari istimewa tentu diinginkan semua wanita di dunia, tak terkecuali muslimah saat perayaan idul fitri.

Berikut beberapa tips cantik saat lebaran yang bisa dijadikan referensi. :






1. Busana
Pilihlah busana yang nyaman digunakan dan pastikan sopan menutup aurat. Busana yang nyaman bisa dilihat dari ukuran, bahan, serta model. Hindari jenis pakaian yang terlalu ketat dan bermotif terlalu ramai. Pilihan model dan motif yang simpel bisa dijadikan pilihan bagi anda yang ingin tampil minimalis, namun tetap trendy. Tak lupa pilihlah bahan yang nyaman digunakan mengingat idul fitri nanti kita akan banyak bertemu orang, berkunjung ke rumah kerabat dan bersilaturahmi maka dibutuhkan busana yang sopan, nyaman dan tetap stylish.

2. Make Up
Untuk make up, bisa aplikasikan make up natural look atau minimalis. Pilih warna-warna soft untuk menimbulkan kesan segar dan lebih muda. Ditambah dengan rasa bahagia di hari raya maka aura kecantikan akan lebih muncul. Untuk model hijab, sesuaikan dengan bentuk wajah dan juga warna dari bajunya. Tapi hal yang harus diperhatikan adalah bentuk hijab harus menutup aurat dan tetap santun. (Baca selengkapnya)

Kamis, 17 Mei 2018

6 Ide Usaha Agar Banjir Uang Menjelang Lebaran









Anisa AE - Tak terasa ya jika sebentar lagi sudah Lebaran. Sepertinya baru kemarin saya membelikan tablet untuk Machin dari uang saku saat Lebaran. Pastinya sudah menyiapkan banyak hal dalam menyambut Lebaran nanti, seperti baju baju, sandal baru, sampai kue suguhan yang akan diberikan pada tamu nanti.

Eh, belum menyiapkan hal-hal itu? Duit nipis dan belum punya penghasilan? Saya punya 6 ide usaha yang bisa kita gunakan menjelang Lebaran. Siapa tahu malah menjadi pekerjaan tetap kita. Sebenarnya sih di sini bukan blog ekonomi dan bisnis, tapi gak ada salahnya kalau saya berbagi. Beberapa Ramadhan kemarin, saya sudah mempraktikkannya dan hasilnya lumayan banget, bisa buat beli ini itu. Mau tahu?

1. Jual Baju
Bukan hal rahasia kalau saat ini banyak yang menjadi penjual baju dadakan. Bagaimana tidak? Banyak sekali orang yang menginginkan baju baru. palagi baju-baju yang lagi hits dan dipakai oleh para artis. Nah, berjualan baju menjadi salah satu alternatif pertama yang bisa kita pilih. Pastinya carilah supplier yang jujur dan amanah.





Jika bingung baju seperti apa yang bisa dipilih, karena takut terlihat gemuk, saya ada tips memilih hijab sesuai bentuk tubuh

2. Dropshipper
Gak ada dana buat kulakan baju? Bisa banget lho jadi dropshipper. Kita tak perlu stok baju atau barang lain, namun hanya promosi dan mencari pelanggan dengan up harga sampai 20 ribu per item. Kalau terjual 100 baju bulan ini, kan lumayan dapat 2 juta. Belum punya penjual yang bisa dropship? Padahal saat ini banyak penjual yang menerapkan sistem tersebut. Kita tidak perlu modal banyak, hanya bermodal pulsa dan hape.

3. Katering

Ramadhan ini pasti banyak yang malas masak, apalagi buat pekerja kantoran (seperti saya :p ). Maunya ke pasar dadakan yang jual berbagai macam sayur matang dan ta'jil. Well, saya sering banget ke pasar dadakan seperti ini, tapi kan capek juga tiap hari ke sini? Yup, alternatif yang saya pilih adalah pesan ke teman. (Baca selengkapnya)

Rabu, 16 Mei 2018

6 Tips Menulis Novel Untuk Pemula




Anisa AE - Alohaaaa! Sudah pada kangen dengan tulisan saya? Wah, di sini kedatangan beberapa penulis newbi lho! Masih unyu-unyu. Kebanyakan mereka masih duduk di bangku SMP dan beberapa ada yang SMA. Duh, jadi merasa tua nih. Hehehehe :v Langsung saja, ya? Kita simak "Tips Menulis Novel Untuk Pemula".

1. Bikin Outline. 
Nah, ini yang paling wajib, ya? Biar naskahnya nggak berantakan. Banyak penulis yang menulis naskah tanpa outline karena percaya jika cerita akan mengalir begitu saja. Tapi, kalau kamu masih baru nulis novel "JANGAN COBA-COBA". Alhasil naskahmu bakal berhenti di tengah jalan. Ini adalah tips yang menulis novel untuk pemula yang pertama banget wajib dicatat.

Baca Juga : 4 Cara Mengenali Buku Bajakan

2. Cerita yang Simple 
Sesuaikan dengan duniamu, agar kamu lebih mudah riset. Karena novel yang rumit biasanya untuk penulis yang sudah punya jam terbang tinggi. Kalau penulis pemula membuat novel yang rumit, makin berantakan deh novelnya. :)

3. Tulis yang Disukai Teman 
Nah, ini nih keuntungan kalau penulis masih duduk di bangku sekolah. Inspirasi cerita bisa datang dari temanmu. Lagipula kebanyakan anak sekolah lebih tahu cerita tentang apa yang sedang trend. Pas kumpul bareng teman, jangan cuma menggosip, tapi cari inspirasi dengan survey ke teman juga.

Baca Juga : 7 Hal yang Bikin Kamu Gak Jadi Menulis



4. Konsisten nulis
Minimal sehari satu halaman dan harus rutin. :)Insyaallah cara ini nggak akan memberatkan padatnya jadwalmu sebagai pelajar. Bisa dikerjakan sebelum tidur atau sesaat setelah bangun tidur. Jika kamu menulis satu halaman sehari, maka dalam waktu 3 bulan, akan terkumpul 90 halaman. (Baca selegkapnya)


Selasa, 15 Mei 2018

Rencanakan Liburan Hemat ke Disneyland Hong Kong









Jadi ibu rumah tangga yang merangkap blogger plus mengurus penerbitan itu sesuatu sekali, sehari-hari kegiatan itu begitu-begitu saja. Dari mulai mengurus anak dan suami, menyiapkan segala tektek bengek keluarga, lalu beralih mengurus rumah di dunia maya dan berbagai urusan lainnya lumayan bikin badan capek. Belum lagi saat beberapa rencana yang sudah disusun dengan matang malah berantakan, rasanya ini kepala bakalan pecah! Kalau sudah stres, biasanya anak-anak yang jadi korban, kasihan sih mereka enggak tahu apa-apa tapi kena bentak, dimarahi, padahal itu murni karena saya yang tertekan akibat kerjaan saya sendiri.

Ah kalau sudah begitu kondisinya, saya suka menyesal sudah memiliki banyak kegiatan selain mengurus rumah tangga, tapi tak bisa berlarut-larut juga, karena kegiatan sampingan saya ini juga sedikit banyak membantu saya hilangkan kepenatan dalam mengurus rumah tangga. Toh anak-anak sesekali ikut merasakan asyiknya pekerjaan sampingan saya ini. Tapi ya kalau sudah terlanjur penat dan capek pikiran, solusi satu-satunya ya cuma pergi holiday bersama keluarga.
  

Spesial untuk kali ini pengen holiday ke tempat yang agak jauh dari tanah kelahiran. Supaya bisa kasih kesan yang lebih mengesankan buat keluarga, terutama buat anak-anak sih, bulan lalu kan sudah ke Alun-Alun Malang. Sempat dengar dari beberapa teman kalau Hong Kong itu salah satu tempat yang paling cocok buat wisata bareng keluarga, ada beberapa lokasi wisata yang ngehits dan jadi idaman keluarga buat jalan-jalan. Diantaranya ada Disneyland Hong Kong. Kita semua tahu dong seperti apa kualitas wisata sekelas Disneyland? Legenda dari semua playpark deh! Ya walaupun sebenarnya pingin juga ke Bali dan menginap di Alila Ubud Hotel.\

Baca Juga : Alila Ubud Bali, Hotel Berkesan Pedesaan Bali yang Mengesankan

Bagusnya sih liburan pas liburan anak sekolah, biar enggak ganggu pelajaran dia. Apalagi sekarang sudah dekat sama Lebaran, cocok bangetlah kalau kami menghabiskan liburan ke sana. Maka karena itu, sekarang sudah waktunya untuk mulai mengatur jadwal keberangkatan, beli tiket pesawat dan booking hotel yang dekat dengan Disneyland Hong Kong, supaya nanti enggak repot naik turun kendaraan buat sampai ke lokasi wisata legend itu. Apalagi di negara orang, bahasa aslinya bukan bahasa Inggris pula, agak repot jadinya.


Hal pertama yang harus dilakukan adalah beli tiket pesawat, dan ada dua jenis penerbangan untuk sampai ke Hong Kong dari Surabaya, yaitu pakai penerbangan langsung (misalnya Cathay Pasific) atau penerbangan sambungan (beberapa armada penerbangan, contohnya Royal Brunei dan Singapore Airlines). Enakan sih pakai penerbangan langsung ya, tapi ya itu dia per orangnya saja itu harga tiket sudah bikin kejang, apalagi buat sekeluarga! Kalau keluarga Bakrie atau Syahrini sih enggak masalah ya dengan harga tiket yang lebih dari 20 juta per orang itu, tapi buat ibu rumah tangga biasa? Aih, mendingan agak lama nyari tiket serupa dengan harga yang lebih ramah di kantong! Ya, walaupun ada juga sih nantinya penumpang pesawat yang menyebalkan.

Baca Juga : Kenali 11 Tipe Penumpang Menyebalkan di Pesawat

Oke, ayo mulai Googling deh cari-cari maskapai penerbangan mana yang menyediakan tiket Surabaya-Hong Kong dengan harga yang lebih miring. Pertama-tama tiket pesawat dulu deh, itu yang paling utama, urusan hotel bisa belakangan. Tiket pesawat untuk kelas ekonomi saja mulai dari 3 juta Rupiah, wajar sih ya? Namanya juga naik pesawat belasan jam buat sampai ke Hong Kong, kalau cuma 500 ribu paling banter cuma sampai di Kalimantan saja.


Catet, catet. Sudah ada gambaran tiket pesawat dan bujet yang harus disiapkan untuk beli tiket PP alias pulang pergi, pastikan juga tanggal berangkat dan tanggal pulang sudah dijadwal dengan baik, kalo enggak bisa ribet tuh! Soalnya tiket pesawat yang sudah dibeli, cuma sedikit yang bisa dijadwal ulang, rata-rata enggak bisa dijadwal ulang alias hangus, kalaupun bisa diganti tanggal bakalan ribet banget urusannya. (Baca selengkapnya)

Senin, 14 Mei 2018

Milkindo Tegalsari Malang, Tempat Asik Buat Selfie





Anisa AE - Assalamualaikum buat para pembaca setia anisae.com. Kembali lagi dengan saya, Anisa yang akan menuliskan acara jalan-jalan ke Milkindo bersama macan dari B4. Yup, bersama Mama-Mama Cantik dari kelas B4. Alias para wali kelas di kelasnya Asma.

Yaelah, emak-emak ternyata masih nyempatin buat jalan-jalan. Ya iya dooong, sekali-kali jalan bareng biar gak stres mikirin kerjaan rumah. Well, acara ini kami laksanakan tahun kemarin. Saya datang sendirian bawa Rebecca, menyusul para macan yang sudah sampai di Milkindo terlebih dahulu. Lupa-lupa ingat sih lokasinya, padahal saya pernah ke sini juga saat Asma PAUD, acara study tour.


Oh iya, Milkindo dan Peternakan Susu Fanda adalah tempat yang sama, tempatnya di Desa Tegalsari Kepanjen. Namun kali ini ada banyak perubahan dari beberapa tahun lalu. Dengan tiket masuk sebesar 10k, saya mendapatkan sebotol susu ukuran 500ml. Ini susu sapi asli dengan berbagai macam rasa yang bisa kita pilih, pastinya akan menyehatkan tubuh kita. Yang paling seru, di Milkindo juga free wifi lhooo. Cihuuuy.







Melewati pintu masuk Milkindo, saya menukarkan tiket masuk untuk mendapatkan sebotol susu. Di sana tak hanya ada peternakan sapi, namun juga ada beberapa penjual minum dan juga bakso. Saya sempatin bikin vidio pas baru pertama masuk ke sini. Maklumin saja kalau kurang bagus karena ini adalah vidio pertama saya. Hihihi



Untuk selfie? Jelas tempat di Milkindo ini cukup oke, karena saya disuguhkan dengan pemandangan alam yang memanjakan. Jauh berbeda dengan ketika saya ke tempat ini bersama Asma saat PAUD. Sepertinya tempat ini memang didesain agar bisa digunakan untuk selfie. Cocok banget dipasang di instagram. (Baca selengkapnya)

Ingin Bergabung?

Anda bisa bergabung bersama kami dengan mengirimkan informasi dan foto ke email ae.anisa@gmail.com dengan subjek : Kepanjen Kita. NO SARA dan bisa dipertanggungjawabkan oleh pengirim.

Ingin menjadi penulis blog? Bisa hubungi di WA : 085103414877