Latest News

Jumat, 12 Januari 2018

Gaji Penulis Artikel





Anisa AE - Saat ini, penulis artikel tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai pekerjaan. Mulai banyak bermunculan para penulis yang menggantungkan hidup pada artikel yang mereka buat. Bahkan, bermunculan pula agensi artikel. Wow, luar biasa.

Nah, kemarin malam saya melakukan survei kepada teman-teman yang sering mendapatkan job menulis artikel. Berapa aja sih fee yang mereka dapatkan untuk menulis artikel dengan minimal 300 kata? Saya kan penasaran juga.

Ternyata untuk sebuah artikel, fee juga bermacam-macam. Mulai dari seribu rupiah sampai ratusan ribu. Kok bisa sih? Apa yang membedakan?

1. Seribuan
Kok saya tulis seribuan? Iya, soalnya lebih murah dari bayar tukang parkir. Saya pun kaget ketika ada yang cerita soal ini. Tapi banyak juga kok yang mau menulis dengan fee segini. Ya, kebanyakan pelajar dan mereka tidak ada pilihan lain untuk menolak. Ketika saya minta link, ternyata artikel tersebut kebanyakan copas dan tidak ditulia ulang. Hm, kebayang kan? Resiko juga sih.

Ada yang bayar segini? Ada kok. Malah beberapa teman saya menggunakan para pelajar untuk menulis artikel di webnya. Tentu saja semuanya diawali dengan perjanjian dulu. Hitungannya, semakin banyak yang ditulis, maka semakin banyak pula gajinya. Lha? Kan emang iya. ^^

2. 3-5 ribu
Untuk penulis di kategori ini ada banyak sekali. Salah satunya adalah teman yang sering curhat ke saya. Eh, saya juga biasa pakai harga ini jika membeli artikel. Tergantung artikelnya juga sih. Biasanya saya tanya dulu dia biasa dibayar berapa trus saya naikin dikit.  (Baca selengkapnya)


Ingin Bergabung?

Anda bisa bergabung bersama kami dengan mengirimkan informasi dan foto ke email ae.anisa@gmail.com dengan subjek : Kepanjen Kita. NO SARA dan bisa dipertanggungjawabkan oleh pengirim.

Ingin menjadi penulis blog? Bisa hubungi di WA : 085103414877