6 Tips Menulis Novel Untuk Pemula




Anisa AE - Alohaaaa! Sudah pada kangen dengan tulisan saya? Wah, di sini kedatangan beberapa penulis newbi lho! Masih unyu-unyu. Kebanyakan mereka masih duduk di bangku SMP dan beberapa ada yang SMA. Duh, jadi merasa tua nih. Hehehehe :v Langsung saja, ya? Kita simak "Tips Menulis Novel Untuk Pemula".

1. Bikin Outline. 
Nah, ini yang paling wajib, ya? Biar naskahnya nggak berantakan. Banyak penulis yang menulis naskah tanpa outline karena percaya jika cerita akan mengalir begitu saja. Tapi, kalau kamu masih baru nulis novel "JANGAN COBA-COBA". Alhasil naskahmu bakal berhenti di tengah jalan. Ini adalah tips yang menulis novel untuk pemula yang pertama banget wajib dicatat.

Baca Juga : 4 Cara Mengenali Buku Bajakan

2. Cerita yang Simple 
Sesuaikan dengan duniamu, agar kamu lebih mudah riset. Karena novel yang rumit biasanya untuk penulis yang sudah punya jam terbang tinggi. Kalau penulis pemula membuat novel yang rumit, makin berantakan deh novelnya. :)

3. Tulis yang Disukai Teman 
Nah, ini nih keuntungan kalau penulis masih duduk di bangku sekolah. Inspirasi cerita bisa datang dari temanmu. Lagipula kebanyakan anak sekolah lebih tahu cerita tentang apa yang sedang trend. Pas kumpul bareng teman, jangan cuma menggosip, tapi cari inspirasi dengan survey ke teman juga.

Baca Juga : 7 Hal yang Bikin Kamu Gak Jadi Menulis



4. Konsisten nulis
Minimal sehari satu halaman dan harus rutin. :)Insyaallah cara ini nggak akan memberatkan padatnya jadwalmu sebagai pelajar. Bisa dikerjakan sebelum tidur atau sesaat setelah bangun tidur. Jika kamu menulis satu halaman sehari, maka dalam waktu 3 bulan, akan terkumpul 90 halaman. (Baca selegkapnya)


Diberdayakan oleh Blogger.