Rutinitas yang Perlu Dilakukan Sebelum Tidur

 


Tidur menjadi istirahat yang paling sering dan tepat dilakuka untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian melakukan aktivitas. Namun, tak jarang kita mengalami kesulitan tidur dari waktu ke watktu pun semakin tidak teratur dan menjadi masalah besar. Selain membuat kita terganggu, tidur tidak teratur juga menyebabkan masalah serius seperti meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, sebelum membaringkan diri di tempat tidur untuk beristirahat kita perlu melakukan beberapa hal seperti mencuci wajah dan kaki serta menyikat gigi. Hal itu bermanfaat untuk membersihkan diri dan menghilangkan bakteri demi Kesehatan. Selain itu, beberapa hal yang dilakukan sebelum tidur baik untuk Kesehatan dan membuat kita lebih cepat tertidur. Berikut rutinitas yang perlu dilakukan sebelum tidur:

        1.       Berkumur dengan Cairan Pembersih Mulut

Cairan pembersih mulut mampu mengurangi bakteri dan plak di mulut sehingga membantu proses penggantian kalsium dan mineral yang melalui terkikis pada email gigi. Hal ini juga bisa meredakan gejala gigi sensitive, lho, tak heran kalua tidur bisa nyaman tanpa adanya keluhan pada gigi yang sering sakit tiba-tiba di malam hari.

Baca juga: Ketika Saya Ditindih Setan

        2.       Mandi

Hemm, mandi sebelum tidur berarti di saat malam dengan cuacanya yang dingin. Tentunya ini akan membuat kita enggan melakukannya, tapi perlu kita tahu kalau ini sangat penting untuk mengatur pola tidur. Mandi di malam hari dapat membantu proses agar suhu tubuh menjadi lebih nyaman sebelum tidur. Namun, disarankan memakai air hangat agar tidak kedinginan dan hal ini memiliki efek powering-down yang membantu kita merasa rileks saat memakai selimut serta dapat meningkatkan kualitas tidur.

        3.       Meditasi

Dengan kata lain kita perlu menenangkan pikiran sebelum tidur, hal ini akan memberikan banyak manfaat untuk Kesehatan termasu mewujudkan tidur yang lebih nyenyak. Bisa, nih mencoba melafalkan doa sebelum tidur di malam hari dan esok paginya akan mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Bahaya Tidur Tidak Teratur

        4.       Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Lapar menjadi penyebab tidak bisa tidur, pernah mengalaminya, nih. Di malam hari tiba-tiba merasa lapar saat semua orang sudah tidur menyelinap ke dapur, deh. Namun, kita harus menghindari makanan yang mengandung pati dan gula karena keduanya dapat meningkatkan hormone insulin yang membuat kita menjadi gelisah. Makanan yang disarankan untuk ini adalah kacang almond, yogurt, buah-buahan, atau telur rebus. Selain itu, kita harus menghindari kafein yang akan membuat kita semakin kesulitan tidur. Sebaiknya ganti dengan air putih dan air lemon hangat.

        5.       Hindari Gadget

Pasti banyak yang mengeluh kesulitan tidur, tapi membuka ponsel semalaman. Kalian perlu tahu, nih, kalau menatap layer ponsel, gadget, atau gawai sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rutinitas yang Perlu Dilakukan Sebelum Tidur"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.