Bahaya Tidur Tidak Teratur

 


Insomnia tak jarang menjadi jawaban beberapa orang yang tidak tidur semalaman, insomnia sendiri adalah masalah sulit tidur dan tidak bisa nyenyak saat tidur secara berkelanjutan. Penyebab insomnia pun karena hal yang memicu stress seperti terlalu memikirkan pekerjaan, kondisi Kesehatan, atau keungan. Hal itu wajar untuk beberapa orang yang sudah bekerja atau sudah dewasa, tetapi untuk para remaja yang menghabiskan waktunya dengan gawai ini yang perlu kita bahas.

Penyebab sulitnya tidur tidak selalu insomnia, tetapi saat memegang gawai dan berkutat begitu lama sampai lupa waktu bisa membuat kita tidak merasakan kantuk meski sudah malam. Ada baiknya mematikan ponsel satu jam sebelum tidur agar focus kita tidak kepada ponsel lagi dan berakhir memainkannya. Perlu kalian tahu tidur tidak teratur membahayakan Kesehatan, termsuk meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit.

Baca juga: Ketika Saya Ditindih Setan

Ini bisa terjadi saat kita begadang larut malam karena bekerja atau menonton drama, begitu pula dengan tidur lama saat akhir pekan yang berdampak pada jangka pendek dan jangka Panjang. Pola tidur tidak terarur menyebabkan jam alami tubuh atau dikenal dengan irama sirkadian rusak. Di saat kita mengganti waktu tidur sehari saja akan membuat tubuh dan otak mengalami kebingungan dan bekerja lebih kerasn. Berikut bahaya pola tidur yang tidak teratur:

        1.       Insomnia

Jika kita sering begadang pastinya kebiasaan ini akan terus berlanjut dan disebut insomnia atau sulit tidur. Irama sirkadian yang kerap berganti membuat tubuh kesulitan mengetahui kapan waktu harus tidur, sehingga saat waktunya tidur akan menjadi lebih sulit. Hal inii pun akan berdampak pada kurangnya tidur, mengantuk saat beraktivitas, dan kelelahan.

        2.       Depresi

Wah, kenapa bisa sampai depresi? Orang yang tidak tidur secara teratur sudah melawan jam tubuh internal yang berkaitan dengan tingkat depresi. Sehingga, pola tidur yang tidak teratur ini membuatmu mengalami depresi, kecemasan, rasa tidak bahagia dibandingkan orang yang tidak teratur.

Baca juga: 5 Khasiat Jahe Bagi Tubuh

        3.       Obesitas

Tidur tidak teratur menurunkan produksi leptin atau hormone yang menimbulkan rasa kenyang dan sebaliknya akan meningkatkan hormone ghrelin yang biasa disebut lapar. Oleh karena itu, orang tyang tidur tidak teratur akan merasa lapar dan tidak lagi merasa kenyang, hal ini dapat menaikkan berat badan, bahkan obesitas.

        4.       Diabetes

Tidur tidak teratur dapat mengubah cara tubuh memproses glukosa sehingga dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

        5.       Penyakit jantung

Tidur tidak teratur dapat membuat detak jantung meningkat, tekanan darah naik, dan meningkatkan peradangan tubuh. Tentu saja kondisi ini menambah beban kerja jantung dan menjadi factor risiko penyebab jantung.

Itulah bahaya saat tidak tidur secara teratur, apa kalian masih ingin tidur tidak tepat waktuu lagi. Sebaiknya tidurlah tepat waktu dan bangun di waktu yang tepat secara rutin untuk mengurangi risiko penyakit jantung tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Tidur Tidak Teratur"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.