Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat untuk Si Pelupa

 


Hai Sobat, lupa menjadi penyakit yang sering dilupakan, bahkan ada yang lupa meletakkan kacamata padahal sedang dipakai. Padahal baru beberada yang lalu memakainya, tapi tidak ingat dan malah mencarinya. Sering banget kejadian seperti ini bukan? Banyak orang yang mudah melupakan hal penting, tak bisa dipungkiri juga untuk yang usianya masih muda bisa mengalami kepikunan. Hal ini bisa berdampak buruk terlebih berkaitan dengan kinerja.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa. Daya ingin sendiri dipengaruhi oleh kesehatan dan vitalitas otak masing-masing individu. Otak manusia mempunyai kempuan untuk berubah dan beradaptasi walau usianya sudah terbilang lansia. Neuroplstisitas, itu sebutan untuk kemampuan luar biasa otak dalam beradaptasi. Dengan ini, otak bisa mengubah koneksi yang ada, beradaptasi dan bereaksi dengan cara yang berbeda, serta membentuk jalur saraf baru.

Nah, kemampuan luar biasa inilah yang membentuk kembali fungsi pembelajaran dan memori. Sobat bisa memanfaatkan beberapa kemampuan alami untuk meningkatkan kemampuan mempelajari informasi baru, kemampuan kognitif, dan daya ingat. Oleh karena itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat :

Baca juga : 3 Kecerdasan Manusia yang Wajib Dimiliki

1. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga bisa meningkatkan ketajaman otak yang digunakan untuk berpikir. Olahraga meningkatkan efek dari zat kimia dalam otak yang bermanfaat mengurangi hormon stress. Kegiatan fisik seperti olahraga bisa memberi manfaat pada neuroplastisitas yang meningkatkan faktor pertumbuhan serta merangsang terbentuknya koneksi saraf baru sehingga bisa meningkatkan ingatan. Selain itu, adanya peningkatan oksigen ke otak dan mengurangi risiko gangguan yang menyebabkan kehilangan ingatan dan penyakit kardiovaskular. 

2. Mengonsumsi suplemen minyak ikan

Asam lemak omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexanoic acid (DHA) banyak terkandung dalam minyak ikan dan penting untuk kesehatan. Lemak tersebut terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, menghilangkan stres dan kecemasan, mengurangi peradangan, dan memperlambat penurunan mental. Namun, penggunaan obat atau suplemen bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat. Jadi, konsultasikan ke dokter guna memastikan risiko yang muncul dan efektivitasnya.

3. Melakukan senam otak

Cara terpenting untuk meningkatkan daya ingat adalah rutin melatih otak dengan mengembangkan jutaan jalur saraf untuk memecahkan masalah sehari-hari, cepat memproses dan mengingat informasi, dan menjalankan tugas secara rutin. Nah, Sobat perlu menstimulasi otak untuk terus tumbuh dan berkembang. Senam otak bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengisi teka-teki silang, membaca, bermain catur, bermain puzzle, serta mengujji memori dengan menghafal gambar.

Baca juga : 3 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

4. Tidur yang cukup

Waktu tidur untuk orang dewasa rata-rata 7-9 jam setiap malam merupakan waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beristirahat. Jika Sobat kekurangan tidur pastinya akan mengalami masalah yang berhubungan dengan ingatan, kemampuan memecahkan masalah. Oleh karena itu, tidur sangat penting untuk meningkatkan daya ingat. Tidur sendiri memang dibutuhkan untuk meningkatkan ingatan dasar yang aktivitasnya bisa meningkatkan ingatan utama saat tidur nyenyak.

5. Memenuhi asupan nutrisi

Makanan bergizi seperti sayur hijau, ikan, kacang-kacangan berfungsi menjaga otak, tentu kita membutuhkan asupan makanan bergizi secara optimal. Terutama vitamin D yang memiliki nutrisi penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin D menyebabkan masalah kesehatan terlebih penurunan fungsi kognitif. Selain itu, kadar vitamin D yang rendah bisa meningkatkan risiko terkena demensia. Untuk itu, perlu diskusi dengan dokter apakah Sobat membutuhkan suplemen vitamin D atau tidak.

6. Melakukan meditasi

Meditasi merupakan kegiatan untuk menenangkan tubuh dan pikiran yang berguna untuk kesehatan. Salah satunya, meditasi bisa menenangkan, mengurangi stres dan rasa sakit, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan daya ingat. Meditasi sendiri terbukti meningkatkan materi kelabu dalam otak, materu kelabu mengandung badan sel neuron. Semakin bertambahnya usia, materi kelabu menurun, hal ini berdampak negatif pada daya ingat dan kognisi. Meditasi dan relaksasi terbukti meningkatkan memori jangka pendek.

Nah, itulah cara efektif untuk meningkatkan daya ingat untuk kalian yang mudah lupa. Sobat bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar tidak mudah lupa dan ingatan lebih kuat. Penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan yang bisa meningkatkan fungsi otak. Ngomong-ngomong soal lupa, apa nih momen lupa yang pernah kalian alami?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat untuk Si Pelupa"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.