Tips si Kecil Mau Berpuasa Ramadan





Sebagai orangtua pastinya ingin kan jika anaknya mulai belajar berpuasa. Untuk belajar berpuasa sendiri bisa dilatih ketika si kecil sudah memasuki usia 4 atau 5 tahun. Nah, buat Bunda yang anaknya sudah erusia 4 atau 5 tahun sudah dilatih untuk belajar berpuasa belum nih? Masih belum ya? Masih rewel ya si kecilnya kalau disuruh ikut puasa? 

Kalau si kecilnya rewel di suruh ikut puasa jangan dipaksa ya Bunda, nanti juga ada saatnya si kecil tahu dan tertarik untuk berpuasa. Namun, jika si kecil baik-baik saja cobalah untuk mengajaknya ikut berpuasa. Untuk puasanya juga jangan disamakan dengan kita yang Bunda. Biarkan si kecil berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Nah, kalau ia sudah kuat untuk berpuasa setengah hari beri tambahan waktu misalkan saja sampai asar. 


Kalau di rasa asar sudah mampu, latih si kecil untuk berpuasa sehari penuh. Oh iya Bunda, janan memarahi si kecil yang masih tidak bisa puasa seharian penuh ya. Nah, nanti kalau si kecil dimarahi lalu dia ngambek dan nggak mau belajar puasa lagi gimana? Makin susahkan untuk mengajarinya? Maka dari itu jangan memarahi si kecil ya Bunda. Nah, selain itu Bunda bisa melakukan cara lain agar si kecil semangat berpuasa yaitu dengan cara mengajaknya untuk ngabuburit dan juga berburu takjil. 



Si kecil pasti akan senang sekali dengan kedua hal tersebut. Bunda juga bisa membelikan makanan atau minuam kesukaannya, bila perlu biarkan ia memilih sendiri sebagai bentuk apresiasi Bunda terhadap si kecil yang sudah belajar berpuasa. Dengan begitu si kecil juga akan lebih semangat lagi dalam berpuasa. Kalau tidak punya waktu buat ngabuburit bagaimana? 


Eits, Bunda nggak perlu bingung. Bunda bisa membuatkan makanan dengan menu kesukaannya yang digunakan untuk menu berbuka puasa. Kalau bisa sekalian ajak si kecil untuk memasak bersama. Hal ini juga bertujuan agar si kecil tidak bosan dan rewel ketika perutnya lapar. Nah, bagaimana Bunda. Jadi, kapan nih mau mulai mengajari si kecil berpuasa?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips si Kecil Mau Berpuasa Ramadan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.