5 Tips Membuat CV agar Menarik

 

Curriculum Vitae (CV) menjadi salah satu kunci penting untuk melamar pekerjaan. Saat kita melamar kerja, CV jadi lampiran pertama yang dilihat HRD atau pemilik usaha setelah surat lamaran kerja itu sendiri. Kenapa? Ya karena CV memuat informasi mengenai diri kita, jadi penting bagi pemilik usaha untuk tahu detail dari calon karyawannya sebelum merekrutnya.

Baca juga Pilih kuliah atau kerja

Karena CV adalah hal pertama yang dilirik oleh pimpinan atau pemilik usaha tempat kita melamar kerja, pastinya kita mau CV kita terlihat menarik kan. Tampilan CV yang menarik bisa membantu kita untuk mendapat perhatian dan pertimbangan dari pimpinan usaha. Nah bagaimana caranya biar CV kita terlihat menarik dan sesuai? Yuk simak tipsnya.

1.      Informasi Diri yang Lengkap

Dalam menyusun CV pastikan data diri kita yang berkaitan dengan pekerjaan dicantumkan semua. Pastinya kita nggak mau kan sampai ada data yang terlewat padahal ternyata data itu penting buat pertimbangan perusahaan untuk menerima kita. Jadi siapkan bahan sebelum mulai membuat CV.

Baca juga Masih nganggur?Baca ini

2.      Pengalaman dan Keahlian

Pengalaman kerja dan keahlian yang kita miliki adalah salah satu poin yang banyak menjadi perhatian perusahaan. Pengalaman yang kita miliki dan keahlian yang kita kuasai bisa mendukung dan meyakinkan bahwa kita layak untuk diterima. Pastikan semua pengalam kerja dan keahlian yang kita miliki tercantum secara singkat tapi tetap jelas dan mewakili.

3.      Prestasi

Poin ini nggak kalah penting terutama bagi pelamar yang berstatus fresh graduate. Seenggaknya kalau kita nggak bisa menampilkan pengalaman kerja, kita masih bisa menampilkan soft skill dan prestasi yang pernah kita capai. Ini sangat berguna untuk menunjukkan bahwa diri kita berkualitas dan layak untuk diberikan kesempatan bergabung dalam perusahaan mereka. Bagi yang baru resign dan berpindah pekerjaan ini juga penting. Dengn mencantumkan prestasi di tempat kerja sebelumnya, perusahaan akan mengetahui kalau kita memang berkualitas.

4.      Sosial Media

Beberapa perusahaan menggunakan sosial media sebagai salah satu bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk merekrut karyawan. Pastikan sosial mediamu nggak diisi dengan konten SARA dan konten-konten lain yang melanggar hukum ya.

5.      Desain

Setelah semua isinya lengkap, langkah terakhir adalah membuat desain. Pastikan desain di CV kita menarik untuk dilihat tapi tetap nggak berlebihan. Atur tata letak informasi-informasi yang akan dicantumkan, pastikan penataannya rapi dan sesuai jenisnya ya.

Itulah 5 tips biar CV terlihat menarik secara tampilan dan juga isi,selamat mencoba. Kalau ada tips lain jangan lupa share di kolom komentar ya.

Baca juga Anisa AE berbagi kisah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Membuat CV agar Menarik"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.