Wisata Petik Jeruk Malang Pakai Inovasi Pupuk dan Pestisida Organik Buatan Mahasiswa UMM

 

Imam Fahrudin (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat inovasi baru dengan menggalakkan pupuk dan pestisida organic bagi warga Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kota Malang (12/4/2021).

Pupuk dan pestisida buatan mahasiswa UMM yang tergabung dalam kelompok progam Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 96 Gelombang 4 Tahun 2021 dilatarbelakangi oleh mata pencaharian warga Desa Selorejo sebagian besar (99%) adalah petani jeruk.

Salah seorang petani jeruk sekaligus peternak kambing di Desa Selorejo, Bapak Sukari sempat bertanya terkait bahan baku pembuatan pupuk dan pestisida organik.

Diketahui bahwa pupuk organik yang dibuat oleh mahasiswa UMM terbuat dari kotoran kambing yang diolah dengan mencampurkan cairan EM4 dan moulase atau gula. Sedangkan untuk pestisida organic terbuat dari bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekeliling kita yakni bawang putih dan lidah buaya yang diblender kemudian dicampur air.

“Kami menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, dengan biaya yang sangat murah bahkan tidak mengeluarkan biaya. Pupuk dan pestisida organic ini kami klaim dapat menghemat biaya perawatan pohon jeruk dan lebih ramah lingkungan”, pungkas Imam Fahrudin, coordinator progam Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 96 Gelombang 4 Tahun 2021

“Kalau begini merawat jeruk tidak perlu menutupi hidung agar bau bahan kimia tidak tercium atau takut terkena kulit, pupuk dan pestisida yang ini bahan-bahannya aman”, tutur Pak Sukari sewaktu pengaplikasian pupuk dan pestisida organik.

Dibuatnya pupuk dan pestisida organik ini diharapkan dapat membuat petani jeruk dapat menghemat anggaran perawatan pohon jeruk. Manfaat lain dari penggunaan pupuk dan pestisida organik adalah jeruk yang dihasilkan lebih sehat alami.Yang terpenting lainnya adalah bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Petik Jeruk Malang Pakai Inovasi Pupuk dan Pestisida Organik Buatan Mahasiswa UMM"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.