Mahasiswa UMM Buat Inovasi Minuman Heavy Orange di Desa Selorejo Kabupaten Malang

 

Mahasiswa UMM lagi-lagi lakukan inovasi. Kali ini sekelompok Mahasiswa yang tergabung dalam progam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 96 membuat inovasi dari hasil bumi warga untuk membuat minuman Heavy Orange (25/04/2021).

Inovasi minuman jeruk Heavy Orange ini muncul karena melihat hasil bumi berupa buah jeruk yang sangat melimpah ruah di desa Selorejo, kecamatan Dau, Malang. Selain itu juga karena minuman sejenisnya pernah ada namun tidak berkembang dan hanya sari jeruk saja.

Ibu Juwita, sela kubu RT 05 sekaligus anggota PKK Desa Selorejo menyebut bahwa “dulu itu sudah pernah ada minuman jeruk, 3 atau 4 tahun yang lalu, namun tidak berkembang dan masih produksi perorangan”.

Widya Aprilia, seorang mahasiswa dalam kegiatan tersebut mengatakan, “minuman Heavy Orange terinspirasi dari tempat kami melakukan KKN atau PMM ini. Kami berada di desa yang mayoritas warganya merupakan petani Jeruk dan sejarah bahwa pernah ada produk minuman jeruk di desa namun tidak berkembang”.

Meskipun beberapa tahun silam pernah ada yang membuat produk minuman olahan jeruk ini secara pribadi, namun mahasiswa UMM berharap bahwa progamnya merupakan sebuah inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi warga desa.

Heavy Orange kreasi mahasiswa UMM tersebut merupakan produk minuman jeruk yang dicampur bahan baku lain. Cara pembuatannya sangat mudah, hanya membutuhkan beberapa bahan seperti susu UHT, biji selisih, jelly, gula, dan tentunya buah jeruk.

“Sekilas hamper sama dengan tema “Minuman Jeruk”, namun pada produk kami tentu berbeda. Jika sebelumnya adalah murni sari jeruk saja, inovasi kami kali ini bukan hanya berisi air jeruk saja, namun ada bahan-bahan lainnya agar lebih nikmat” pungkas Imam Fahrudin selaku Koordinator PMM Kelompok 96 UMM.

Baca juga: Wisata Petik Jeruk Malang Pakai Inovasi Pupuk dan Pestisida Organik Buatan Mahasiswa UMM

Para mahasiswa meyakini bahwa dengan sentuhan kreatifitas, maka produk yang dinilai biasa saja karena hanya berisi air jeruk, kini dengan tambahan bahan-bahan lain maka akan menambah daya tarik. Selain itu, harga jual juga semakin menguntungkan para petani jeruk.

“Jeruk-jeruk yang ketika panen langsung dijual mentahan ke pengepul atau langsung ke pembeli, kami berharap dapat diolah terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami gagaskan kepada warga untuk membuat produk minuman Heavy Orange agar nilai jualnya juga semakin tinggi” lanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa UMM Buat Inovasi Minuman Heavy Orange di Desa Selorejo Kabupaten Malang"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.